1.407 Pendaki Bakal Rayakan HUT RI di Gunung Bawakaraeng Gowa

Pendaki diimbau jaga kebersihan

Makassar, IDN Times - Petugas gabungan dari Polri, SAR, dan Pemerintah Kabupaten Gowa mencatat ada ribuan warga yang bakal memadati Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) yang dirayakan setiap 17 Agustus.

Hingga Jumat, 16 Agustus 2024, petugas mencatat sebanyak 1.407 pendaki telah tiba di kawasan Gunung Bawakaraeng. Mereka memasuki kawasan lewat jalur Lembanna, Bulubalea, dan Tassoso. “Personel Polri dibantu SAR dan yang lainnya siap mengamankan pendakian,” kata Kapolsek Tinggimoncong, Iptu Anwar kepada wartawan, Jumat (16/8/2024).

1. Cara menunjukan kecintaan kepada alam Indonesia

1.407 Pendaki Bakal Rayakan HUT RI di Gunung Bawakaraeng GowaSiaga Merah Putih Basarnas Makassar di Gunung Bawakaraeng/Basarnas Makassar

Menurut Anwar, setiap tahunnya pihaknya memang selalu memberikan pengamanan untuk setiap pendaki. “Mungkin besok akan lebih banyak lagi, mengingat tahun kemarin tembus 2000-an lebih pendaki yang naik,” katanya.

Menurut Anwar, ribuan pendaki perlahan datang di kawasan gunung berketinggian  2.845 mdpl dari permukaan laut itu sejak Kamis (15/8/2024). “Sejumlah personel telah ditempatkan di beberapa titik jalur pendakian untuk memantau dan membantu para pendaki,” tuturnya.

2. Ormas turut membantu

1.407 Pendaki Bakal Rayakan HUT RI di Gunung Bawakaraeng GowaSiaga Merah Putih Basarnas Makassar di Gunung Bawakaraeng/Basarnas Makassar

Dia melanjutkan, selain personel kepolisian dan SAR, sejumlah organisasi masyarakat dan pemuda sekitar juga ikut membantu mengawal serta memastikan keselamatan dan kenyamanan para pendaki yang akan mengikuti kegiatan tersebut.

Pihak kepolisian juga telah berkoordinasi dengan tim medis, relawan, dan unsur Sar untuk menghadapi kemungkinan kondisi darurat. "Di pos sudah ada bagiannya yang disiapkan, termasuk SAR Gabungan juga sudah ada disiapkan. Ada beberapa dari Ormas juga sudah siap membantu di sana," papar Anwar.

Baca Juga: Remaja Perempuan Hipotermia saat Mendaki Gunung Bawakaraeng

3. Pendaki diminta jaga kebersihan

1.407 Pendaki Bakal Rayakan HUT RI di Gunung Bawakaraeng GowaSiaga Merah Putih Basarnas Makassar di Gunung Bawakaraeng/Basarnas Makassar

Perwira Polri dua balok ini merincikan 1.407 pendaki akan menampati pos kamping di Pos 5, Pos 6, dan Pos 7. “Untuk pendaki yang sudah registrasi per Jumat 16 Agustus 2024 Pukul 12.15 WITA masing-masing  Via lembanna ke Bawakaraeng ada 530 orang, Lembah ramma, 26 orang, Via bulu' ballea, 215 orang dan Via Tassoso 636 orang," tuturnya.

Dia mengimbau, agar para pendaki tetap mematuhi aturan yang berlaku dan menjaga kondisi fisik selama perjalanan. Cuaca di Gunung Bawakaraeng dapat berubah dengan cepat, sehingga para pendaki diminta untuk selalu waspada dan membawa perlengkapan yang memadai.

"Jadi, kami menghimbau kepada pendaki untuk selalu menjaga kebersihan. Kemudian apabila sudah tidak sanggup mendaki, fisiknya jangan dipaksakan. Kalau tidak bisa lanjut jangan di lanjutkan," ujar Anwar.

Baca Juga: Mengulik Haji Bawakaraeng, Tradisi Lama yang Sarat Kontroversi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya