Pemadaman Listrik Makassar, Pedagang Menjerit: "Es Krim Mencair Semua"

Pemadaman listrik di Makassar bikin pengusaha rugi

Makassar, IDN Times - Pemadaman listrik oleh PLN di Kota Makassar dan sekitarnya berdampak buruk bagi dunia usaha. Durasi mati lampu yang sangat panjang hingga enam jam membuat pengusaha kecil menjerit karena penghasilan merosot tajam.

Salah satu pengusaha yang mengeluhkan pemadaman listrik di Makassar yaitu, Muhammad Haikal Gunadin. Pemilik usaha es krim MIX3D di Jalan Sultan Alauddin itu mengatakan, omset usahanya menurun akibat listrik sering padam.

"Karena nda jalan listrik kan, jadi operasional bisnis sendiri nda jalan begitu mati lampu," ungkapnya, Senin (27/11/2023)

1. Keluhkan pemadaman listrik saat jam operasional usaha

Pemadaman Listrik Makassar, Pedagang Menjerit: Es Krim Mencair SemuaFoto hanya ilustrasi (Pexels.com/Dazzle Jam)

Selama terjadi pemadaman listrik di Makassar, Haikal mengaku tidak ada pemasukan yang diperoleh dari usahanya. Apalagi PLN memadamkan listrik di Makassar saat jam operasional usaha yang biasanya ramai dikunjungi pembeli.

"Saya lihat juga mati lampunya akhir-akhir ini selalu di jam kerja, malah bukan di jam subuh atau malam." katanya.

2. Es krim mencair akibat listrik padam

Pemadaman Listrik Makassar, Pedagang Menjerit: Es Krim Mencair SemuaMesin pembuat es krim dan minuman. IDN Times/Fadhil Muhammad

Pemadaman listrik bergilir yang rutin terjadi sejak pagi hingga malam hari di Makassar, kata Haikal, membuat bahan baku es krim yang dijualnya mencair semua karena kulkas tidak berfungsi.

"Pasti mencair kalau mati lampu, kita semua di sini pakai mesin, mesin es pake listrik, air panas pake listrik," keluh Haikal.

Baca Juga: Pemadaman Listrik PLN di Makassar Ganggu Pasokan Air PDAM

3. Haikal Mencari Keuntungan Dengan Menu-Menu Baru

Pemadaman Listrik Makassar, Pedagang Menjerit: Es Krim Mencair SemuaMesin kopi yang ada di MIX3D Ruko Permatasari Jalan Sultan Allaudin. IDN Times/Fadhil Muhammad

Di tengah situasi kelistrikan di Makassar yang tidak stabil, Haikal memutar otak agar usahanya bisa tetap berjalan. Salah satunya dengan mencoba menu-menu baru yang tidak terlalu membutuhkan listrik dari PLN. Termasuk membuat menu minuman hangat karena Makassar sudah memasuki musim hujan.

"Jadi kita mau tidak mau juga tingkatkan ide-ide menu minuman hangat atau makanan juga supaya omset kita lebih dapatlah," tutup Haikal

Baca Juga: Pemadaman Listrik di Makassar Sampai 5 Jam, Ini Jadwal dan Lokasinya

4. PLN minta maaf

Pemadaman Listrik Makassar, Pedagang Menjerit: Es Krim Mencair SemuaManager Komunikasi dan TJSL PLN UID Sulselrabar, Ahmad Amirul Syarif. (IDN Times/Dahrul Amri)

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Sulselrabar) meminta maaf kepada pelanggan karena masih terjadi pemadaman listrik bergilir. Saat ini pemadaman listrik bisa berlangsung hingga enam jam setiap hari. 

"Kami berharap masyarakat bersedia bahu-membahu untuk menurunkan penggunaan pemakaian listrik sehari-hari, sambil kita bersama-sama menunggu ada pemulihan sistem kelistrikan," kata Ahmad Amirul Syarif, Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Sulselrabar kepada IDN Times, Senin (27/11/2023).

fadhil muhammad Photo Community Writer fadhil muhammad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya