Gubernur Sebut Pembangunan Waduk Jadi Solusi Atasi Banjir di Gorontalo

Banjir terjadi di kabupaten/kota Gorontalo

Gorontalo, IDN Times - Wilayah Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo menjadi langganan bencana banjir akibat meluapnya Sungai Bone. Pada tahun 2020 ini, Kota Gorontalo bahkan dua kali dihantam banjir dalam rentang waktu tiga minggu.

Menurut Gubernur Rusli Habibie solusi untuk mencegah banjir berulang ialah dengan membangun sebuah waduk di hulu sungai. "Solusi yang paling jitu adalah membuat waduk," kata Rusli saat mengunjungi warga terdampak banjir Sungai Bone di Bele Li Mbui, Jumat (3/7/2020) malam.

1. Waduk solusi terakhir mencegah banjir berulang di Gorontalo

Gubernur Sebut Pembangunan Waduk Jadi Solusi Atasi Banjir di GorontaloIDN Times/Elias

Rusli mengatakan, pihaknya sudah melakukan usulan pembangunan waduk Bulango Ulu di Kabupaten Bone Bolango. Usulan itu pun sudah disetujui pemerintah pusat. Ia juga berencana akan mengusulkan dan mengusahakan pembangunan waduk di Bone hulu.

"Dan itu sudah kita perjuangkan, sudah keluar proyek strategis Nasional. Tapi yang lolos baru satu yaitu waduk Bulango Ulu. Sementara pembebasan lahan. Nah, Bone Hulu juga kita akan usahakan," terang Rusli saat dimintai keterangan oleh awak media.

Ia pun mengungkapkan, waduk Bone Hulu sudah diusulkan namun masih tertunda. Menurutnya pembuatan waduk menjadi solusi terakhir mengatasi banjir di Provinsi Gorontalo. Jika waduk tidak dibuat maka banjir berulang akan terjadi kembali di Gorontalo, khususnya Kota Gorontalo.

"Itu solusi paling terakhir. Selama itu tidak dibendung, tidak ada waduknya, hujan jatuh maka (banjir) seperti ini kejadiannya. Kejadian (banjir) ini sudah berpuluh-puluh kali," Rusli menerangkan.

2. Banjir di sejumlah wilayah di Gorontalo

Gubernur Sebut Pembangunan Waduk Jadi Solusi Atasi Banjir di GorontaloGubernur Rusli kunjungi korban banjir Sungai Bone, IDN Times/Elias

Rusli mengatakan, luapan air Sungai Bone bukan hanya merendam Kota Gorontalo, namun beberapa kabupaten juga mengalami banjir.

"Dan banjir sekarang ini terjadi di beberapa wilayah. Kalau kemarin hanya Bone Bolango dan Kota. Sekarang Kabupaten Gorontalo, Gorontalo Utara, Boalemo bahkan Pohuwato juga sudah naik airnya," ungkap Rusli.

Ia pun mengimbau agar masyarakat tetap waspada pada curah hujan yang cukup tinggi. "Dari subuh tadi sampai sekarang belum berhenti. Insyaallah kita berdoa agar hujannya berhenti," tutur Rusli.

Baca Juga: Cerita Korban Banjir Gorontalo: Maling Nekat Bobol Rumah Terendam Air

3. Bantuan untuk korban banjir sudah disiapkan

Gubernur Sebut Pembangunan Waduk Jadi Solusi Atasi Banjir di GorontaloIDN Times/Elias

Lebih lanjut rusli mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan bantuan, khususnya bantuan bagi bayi dan anak di lokasi pengungsian korban banjir Kota Gorontalo.

"Sudah. Saya sudah perintahkan untuk menyediakan biskuit sama susu kita sudah siapkan. Masker juga sudah dibagi-bagikan. Alhamdulilah kita dapat bantuan dari Polri/TNI," katanya.

Selain itu juga, ia mengatakan tenaga medis sudah disiapkan di setiap posko pengungsian. Ketersediaan makanan pun sudah disiapkan oleh pemerintah setempat.

"Di posko pengungsian juga sudah kita siapkan tim dokter kesehatan dan juga dapur umum. Bahkan kita sudah pesan juga beberapa warung untuk menyiapkan makanan siap saji yang akan dibagikan malam ini," katanya.

Baca Juga: Sungai Bone di Kota Gorontalo Meluap Lagi, 4.141 Orang Terdampak 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya