Tingkat Partisipasi Pemilih PSU Pemilu 2024 di Makassar Rendah

Sejumlah TPS di Makassar laksanakan PSU Pemilu 2024

Makassar, IDN Times - Angka partisipasi masyarakat saat mengikuti Pemilihan Suara Ulang (PSU) pada Pemilu 2024 yang digelar, Sabtu (24/2/2024) di 10 TPS Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), dinilai menurun.

Hal tersebut diungkapkan Komisioner KPU Kota Makassar, Muhammad Abdi Goncing, Minggu sore (25/2). Kata Abdi, partisipasi masyarakat saat dilakukan PSU bervariasi.

"Jadi tingkat partisipasi terjadi penurunan, yang datang menyalurkan suaranya, namun kalau kita mau menjumlah tingkat partisipasi yang di 10 TPS kira-kira alami penurunannya dari 20 sampai 30 persen," ungkap Abdi.

1. Tidak pengaruhi suara

Tingkat Partisipasi Pemilih PSU Pemilu 2024 di Makassar RendahPemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2024 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (25/2/2024)/Istimewa

Walau terjadi penurunan partisipasi secara umum, kata Abdi, dalam pelaksanaan PSU di 10 TPS dari 5 Kecamatan, tidak sampai memengaruhi jumlah suara saat pemilihan 14 Februari lalu.

"Secara umum penurunan tingkat partisipasi ini tidak secara signifikan mempengaruhi suara partisipasi pemilih disaat 14 februari, karena total TPS kita (di Makassar) itu ada 4004 termasuk ada 6 TPS khusus," ujarnya.

"Jadi ketika digabung (suara di 4004 TPS) itu tidak mempengaruhi partisipasi itu atau tidak akan mengganggu dari sisi persentase. Kalau ada penurunan di situ menyumbang kurang dari 1 persen," lanjut Abdi Goncing.

2. PSU di 10 TPS hanya memiilih Capres dan calon DPD

Tingkat Partisipasi Pemilih PSU Pemilu 2024 di Makassar RendahKomisioner KPU Kota Makassar, Muh. Abdi Goncing/Istimewa

Dalam pelaksanaan PSU di Kota Makassar, Abdi menjelaskan pemilih hanya memilih Capres-Cawapres dan Calon anggota DPD. Berbeda pada 14 Februari lalu di mana pemilih mencoblos Caleg DPR RI, DPRD Kota, dan Provinsi.

"Dan 2 dari 10 TPS memilih calon DPD. Jadi kalau mau dilihat hasilnya silahkan saat di proses rekapitulasi tingkat kecamatan," terangnya.

3. Proses rekapitulasi sudah 55 persen, 3 kecamatan sudah selesai

Tingkat Partisipasi Pemilih PSU Pemilu 2024 di Makassar RendahSuasana pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 002, Kelurahan Minasa Upa, Kecamatan Rappocini, Makassar, Sabtu (24/2/2024). (IDN Times/Ashrawi Muin)

Abdi menambahkan, terkait dengan proses rekapitulasi sampai 25 Februari ini baru di 3 Kecamatan yang menyelesaikan, yaitu Kecamatan Sangkarrang, Wajo, dan Bontoala.

"Alhamdulillah sampai sore ini itu sudah 55 persen rekapitulasi tingkat kecamatan, dan sampai tadi malam ada 3 kecamatan sudah selesai. Dan sampai sore ini proses masih jalan tapi ada sedikit kendala karena hujan deras, sehingga ada sedikit keterlambatan harus menunda beberapa panel," jelas Abdi.

Baca Juga: TPS di Makassar PSU Gegara 6 Pramugari Tak Terdaftar DPT Ikut Nyoblos

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya