Polda Sulsel Mulai Antisipasi Konvoi Kemenangan Capres-Cawapres

Situasi Pemilu 2024 di Sulsel berlangsung aman dan lancar

Makasaar, IDN Times - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel) mulai mengambil langkah-langkah antisipasi konvoi pendukung calon presiden-wakil presiden yang merayakan kemenangan.

Hal tersebut dikatakan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R. Djajadi, setelah berkunjung di kantor KPU Sulsel, Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar, Rabu malam (14/2/2024).

"Tetap ini (konvoi) akan kita antisipasi, dan kepada jajaran (Polres) sudah saya ingatkan untuk tetap lakukan langkah persuasif atau preventif, dalam mencegah potensi-potensi gangguan yang mungkin muncul dari pasca pemungutan suara," kata Irjen Andi Rian.

"Karena kan kita tahu di media juga sudah muncul hasil-hasil penghitungan sementara, tentu kita juga mengantisipasi reaksi-reaksi yang muncul dari masyarakat," lanjutnya.

1. Hasil Pilpres tidak sesuai, silakan tempuh mekanisme hukum

Polda Sulsel Mulai Antisipasi Konvoi Kemenangan Capres-CawapresKapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) Irjen Pol Andi Rian R. Djajadi. IDN Times/Dahrul Amrin

Irjen Andi Rian juga menyebutkan, jika hasil Pilpres 2024 ini tidak sesuai keinginan dari sebagian masyarakat pendukung maka bisa untuk membawa hal itu lewat jalur resmi.

"Kalaupun misalnya ada hasil-hasil (Pemilu) yang tidak sesuai yang diharapkan maka itu mekanisme dan prosedurnya ada, silahkan tempuh mekanisme hukumnya, tidak perlu dilakukan hal diluar itu," terang Andi Rian.

2. Unjuk rasa boleh dilakukan, tapi dengan damai

Polda Sulsel Mulai Antisipasi Konvoi Kemenangan Capres-CawapresSuasana penghitungan suara di TPS 01 di Kelurahan Maricayya Selatan, Kecamatan Mamajang, Makassar, Rabu (14/2/2024). IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Jika ada masyarakat yang melakukan aksi demonstrasi menolak hasil Pemilu, Jenderal polisi bintang 2 ini mempersilakan, karena reaksi tersebut didukung undang-undang.

"Kalau unjuk rasa itu kan dilindungi undang-undang, dilindungi konstitusi. Sepanjang itu dilakukan dengan damai, dengan aman dan tanpa tindakan melawan hukum, ya, kita akan kawal, itu dilindungi konstitusi," jelas Andi.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Unggul di TPS Pj Gubernur Sulsel Nyoblos

3. Kapolda belum menerima laporan gangguan keamanan

Polda Sulsel Mulai Antisipasi Konvoi Kemenangan Capres-CawapresKapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) Irjen Pol Andi Rian R. Djajadi. IDN Times/Dahrul Amrin

Sampai malam ini, Irjen Andi Rian pastikan kondisi dan situasi di Sulsel masih aman dan terkendali. Termasuk pihak Polda Sulsel juga belum menerima laporan terkait hal-hal yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Secara umum situasi keamanan didalam tahap pemungutan dan penghitungan suara di Sulsel aman, ini patut kita syukuri bahwa situasi di Sulsel alhamdulillah," imbuhnya.

"Dari pagi sampai malam ini kita juga lihat cuaca sangat mendukung, artinya kita harus bersyukur bahwa situasi dan cuaca di Sulsel sangat bagus di proses ini," tambah Andi.

Baca Juga: Perhitungan Suara Molor, KPU Sulsel Perbolehkan Lanjut hingga 12 Jam

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya