Pengamanan 26 Ribu TPS, Polda Sulsel Siapkan Puluhan Ribu Personel

Tiap TPS akan dijaga satu personel polisi

Makassar, IDN Times - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel) menyiapkan puluhan ribu personel pengamanan di 26.357 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024, saat hari pencoblosan 14 Februari.

"Setiap TPS itu satu personel (Polri), di situ juga nanti ada Babinsa (TNI) juga Linmas," terang Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana, Minggu (4/2/2024).

Personel Polri yang diterjunkan mengamankan TPS berasal dari Polda Sulsel atau personel Bawah Kendali Operasi (BKO), dan personel di Polres jajaran.

1. Bulukumba minta BKO, Polres yang lain menyusul

Pengamanan 26 Ribu TPS, Polda Sulsel Siapkan Puluhan Ribu PersonelKabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana dan Kalapas Takalar, Kamis (21/12/2023). IDN TImes/Dahrul Amri Lobubun

Khusus bagi personel yang di BKO-kan dari Polda Sulsel, kata Kombes Pol Komang, jumlahnya ada ribuan tergantung dari permintaan tiap-tiap Polres jajaran yang kurang personelnya.

"Bulukumba (sudah) minta, ada dari satuan Brimob. Selain itu ada beberapa Polres yang minta BKO, jadi ada persiapan dan jumlahnya khusus BKO ada seribu lebih," ungkapnya.

Baca Juga: Polda Sulsel Temukan Dugaan Pidana Penggelapan Proyek UMI Makassar

2. Tiga Polres di Sulsel jadi atensi Kapolda Sulsel

Pengamanan 26 Ribu TPS, Polda Sulsel Siapkan Puluhan Ribu PersonelLogistik pemilu 2024 (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Ada tiga wilayah hukum (Wilkum) di Polres jajaran Polda Sulsel yang jadi atensi Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R. Djajadi, yaitu Polres Wajo, Polres Bone, dan Soppeng.

" Itu tiga polres yang pertama beliau kunjungi," ujar Komang.

"(tiga) Polres ini bukan atensi apa-apa (soal potensi konflik), tapi apapun yang terjadi itu kita mengambil prediksi yang terbaik dalam proses pengamanan pemilu ini," lanjutnya.

3. Polda pastikan Sulsel masih zona hijau Pemilu 2024

Pengamanan 26 Ribu TPS, Polda Sulsel Siapkan Puluhan Ribu PersonelMarkas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), Jl Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar. IDN Times Sulsel/Dahrul Amri

Kombes Komang juga memastikan, Sulsel masih dalam kategori zona aman Pemilu. Untuk itu tidak ada BKO dari Mabes Polri.

"Di sulsel masih zona hijau, aman. Makanya tidak ada BKO dari Mabes, semua BKO dari Polda dan Brimob Sulsel," jelas Komang.

Baca Juga: KPU Sulsel Mulai Jadwalkan Distribusi Surat Suara ke Pulau Terluar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya