Longsor Luwu, Kapolda Sulsel Perintahkan 3 Kapolres ke Lokasi Bencana

Empat orang tewas dalam bencana longsor di Luwu

Makassar IDN Times - Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), Irjen Pol Andi Rian Djajadi, langsung memerintahkan 3 Kapolres untuk mengirim personel melaksanakan penanganan bencana longsor di Kabupaten Luwu.

"Saya sudah perintahkan Kapolres Luwu agar segera berkoordinasi dengan instansi terkait mana kala dibutuhkan alat-alat berat untuk mitigasi pasca bencana," ungkap Irjen Andi Rian di Makassar, Senin sore (26/2/2024).

"Di samping itu saya juga sudah perintahkan Kapolres Palopo dengan Wajo yang terdekat untuk membantu proses mitigasi. Unit dozer (alat berat) dari proyek pembangunan Yon D sat Brimob sudah berada di TKP," lanjutnya.

Diketahui, sekitar pukul 09.10 Wita, pagi tadi terjadi longsor di Desa Banglo, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu. Tercatat, 4 orang tewas dan 10 orang berhasil selamat.

1. Polisi akan identifikasi 4 korban longsor

Longsor Luwu, Kapolda Sulsel Perintahkan 3 Kapolres ke Lokasi BencanaKapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R. Djajadi. Dok. IDN Times/Humas Polda Sulsel

Terkait dengan 4 orang yang tewas dalam bencana longsor ini, Andi Rian pastikan harus ada proses identifikasi yang dilakukan Polres setempat.

"Perlu memang proses identifikasi korban, dan sementara kekuatan yang dipakai untuk mengidentifikasi dari Polres, tapi manakala dibutuhkan dari Polda juga saya sampaikan ke direskrimum (Polda) untuk mengerahkan unit IDF (identifikasi forensik)," terangnya.

2. Kemungkinan masih ada korban lain

Longsor Luwu, Kapolda Sulsel Perintahkan 3 Kapolres ke Lokasi BencanaPencarian korban tanah longsor di jalan poros Desa Bonglo, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Senin (26/2/2024). (Dok. Basarnas Makassar)

Irjen Andi Rian mengaku, sejauh ini laporan yang dia terima dari para Kapolres yang ke lokasi ada 4 orang meninggal, namun tidak menutup kemungkinan ada korban lain.

"Kan sudah ditemukan empat orang, ini bisa saja mungkin ada korban berikutnya tapi kita tunggu prosesnya mitigasi pasca bencana tanah longsor di Luwu," jelas Irjen Andi Rian.

3. Kapolda minta seluruh jajaran siap siaga bencana

Longsor Luwu, Kapolda Sulsel Perintahkan 3 Kapolres ke Lokasi BencanaPeristiwa tanah longsor menelan korban jiwa di Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Senin (26/2/2024). (Dok. Basarnas Sulsel)

Andi Rian, perwira Polri berpangkat 2 bintang ini mengimbau kepada seluruh jajaran agar selalu siap-siaga terhadap datangnya bencana karena cuaca Sulsel dalam beberapa hari terakhir ini cukup buruk.

"Kita lihat cuaca Makassar atau Sulsel kita lihat sudah mulai ekstrem, tentu kesiagaan dan ini juga saya sampaikan kepada seluruh jajaran termasuk dari sat Brimob maupun di direktorat samapta (Polda) agar selalu stand by siaga bencana, baik itu personil maupun peralatan dalam siap siaga," tambahnya.

Baca Juga: Tanah Longsor Timpa Pengendara di Luwu, Empat Orang Tewas

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya