Libur Nataru, Penumpang Kapal Laut di Makassar Tumbuh 119 Persen

Pertumbuhan jumlah penumpang di Pelabuhan Makassar

Makassar, IDN Times - Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4 Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), mencatat pada H+11 libur Natal dan tahun baru (Nataru) arus penumpang di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar tumbuh hingga 119 persen.

General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Iwan Sjarifuddin, mengungkapkan, angka tersebut mengalami pertumbuhan bila dibandingkan dengan periode tahun lalu.

"119,11 persen dari total 86.571 penumpang, dan ini tercatat sebanyak 43.931 orang yang penumpang embarkasi dan 42.640 orang itu penumpang debarkasi," ungkap Iwan dalam keterangannya kepada IDN Times Sulsel, Minggu (7/1/2024).

Diketahui, di musim Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Pelabuhan Makassar melayani sebanyak 86.571 orang penumpang yang naik dan turun dari kapal hingga H+11 libur Nataru atau sampai Jumat, 5 Januari 2023.

1. Selain pertumbuhan penumpang, call kapal juga naik

Libur Nataru, Penumpang Kapal Laut di Makassar Tumbuh 119 PersenPenumpang kapal laut di Pelabuhan Makassar/Pelindo

Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar yang berstatus pelabuhan terbesar, teramai dan tersibuk di wilayah Indonesia Timur ini, selalu mencatat jumlah penumpang tertinggi utamanya saat musim libur Nataru, dibandingkan pelabuhan lainnya yang dikelola Pelindo Regional 4.

Dari segi arus kapal penumpang kata Iwan, Pelabuhan Makassar mendata pertumbuhan sebesar 104,29 persen untuk arus kunjungan atau call kapal penumpang hingga H+11 ini dibandingkan saat H+11 Nataru tahun lalu.

"Jadi saat H+11 Nataru tahun lalu itu arus kunjungan kapal penumpang di Pelabuhan Makassar bisa mencapai 70 call. Tumbuh 104,29 persen periode yang sama tahun ini atau naik sebanyak 73 call kapal," ujarnya.

2. Antisipasi lonjakan penumpang, Pelindo sediakan RTS

Libur Nataru, Penumpang Kapal Laut di Makassar Tumbuh 119 PersenPenumpang kapal laut di Pelabuhan Makassar/Pelindo

Kata Iwan, Pelindo 4 memastikan adanya lonjakan penumpang baik embarkasi dan debarkasi. Untuk itu, Iwan menyatakan, pihaknya telah mengantisipasi lonjakan itu dengan telah melakukan berbagai persiapan. Terutama memaksimalkan Ruang Tunggu Sementara (RTS) yang sengaja dibangun untuk menampung penumpang yang transit. 

"Kami memang sengaja menyiapkan RTS untuk para penumpang yang transit, agar lebih teratur dan mereka tidak menumpuk di terminal penumpang," Iwan menerangkan.

Rata-rata penumpang yang transit lanjut Iwan, adalah mereka yang telah menempuh perjalanan dan ingin melanjutkan perjalanan berikutnya tapi dengan kapal yang berbeda.

"Biasanya jadwal kapal mereka yang tiba dan yang akan ditumpangi kembali beda sehari atau dua hari, sehingga mereka akan tunggu di RTS yang telah disiapkan," sambungnya.

Atau, para calon penumpang kapal ini yang tinggal di luar daerah Makassar agar tidak ketinggalan kapal, maka mereka pilih untuk tiba di pelabuhan dan memakai sarana RTS.

3. Pelindo 4 siapkan fasilitas untuk calon penumpang

Libur Nataru, Penumpang Kapal Laut di Makassar Tumbuh 119 PersenKapal PT PELNI (Instagram.com/pelni162)

Selain fasilitas RTS, pihak Pelindo Regional 4 juga sudah siapkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan para penumpang, terkhususnya di ruangan tunggu terminal penumpang.

"Seperti (fasilitas) toilet yang bersih, ruang menyusui, musala, wifi dan fasilitas lainnya, serta layar informasi jadwal kunjungan kapal yang bisa dilihat langsung para penumpang saat berada di ruang tunggu," jelas Iwan.

Untuk memberi rasa yang aman dan nyaman kepada seluruh calon penumpang, Pelindo 4 juga selalu menyiagakan petugas keamanan yang bekerjasama dengan aparat setempat.

"Kami juga memasang CCTV atau kamera pemantau di hampir setiap sudut pelabuhan termasuk di dalam ruang tunggu terminal. Alhamdulillah musim libur Nataru tahun ini di Pelabuhan Makassar berjalan aman, lancar dan semoga tidak terjadi sesuatu apapun yang tidak kita inginkan," tambah Iwan.

Baca Juga: Pelindo Makassar Tunggu Instruksi Pusat soal Penerapan Prokes COVID

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya