Korlantas Polri Apresiasi Inovasi ETLE Ditlantas Polda Sulsel

Kamera ETLE di Jalan AP Pettarani foto ribuan pelanggar

Makassar, IDN Times - Tim Ditgakkum Korlantas Polri, apresiasi pengembangan inovasi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang dilakukan oleh Ditlantas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) di Makassar.

Hal tersebut disebutkan Kasubdit Dakgar Korlantas, Kombes Pol Matrius saat pimpin tim Ditgakkum dalam melakukan asesmen penerapan ETLE Ditlantas Polda, Jalan AP Pettarani, Makassar, Kamis (21/12/2023).

Kombes Pol Matrius mengungkapkan, hasil asesmen menunjukkan dari penilaian dan pengamatan di lapangan secara langsung sistem ETLE Polda Sulsel memenuhi syarat dan sesuai standar yang telah ditentukan.

"Kami berharap setelah asesmen, jajaran Ditlantas Polda Sulsel ini dalam penegakan hukum lalu lintas mampu bertindak secara profesional," kata Kombes Matrius dalam rilis diterima IDN Times, Jumat (22/12).

Saat melakukan asesmen, tim Ditgakkum Korlantas disambut Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol I Made Agus Prasetya di aula Biru kantor Ditlantas Sulsel, Makassar.

1. Korlantas sebut Sulsel sudah melakukan penguatan ekosistem

Korlantas Polri Apresiasi Inovasi ETLE Ditlantas Polda SulselKorlantas Polri Apresiasi Pengembangan Inovasi ETLE Ditlantas Polda Sulsel/Istimewa

Pasalnya, asesmen dilakukan mengingat Ditlantas Polda Sulsel merupakan perintis dan pengembangan ETLE Mobile on Board, ETLE Mobile Handheld, dan ETLE Statis.

Untuk itu Kombes Matrius mengharapkan, penerapan ETLE Sulsel khusus Makassar efektif dalam menangani pelanggaran lalu lintas saat infrastruktur dan teknologi yang tersedia masih terbatas, sedangkan tingkat kepatuhan masyarakat masih rendah.

"Ditlantas Polda Sulsel adalah satu-satunya yang sudah lakukan penguatan ekosistem digital ETLE, dimana sistem tersebut bisa terintegrasi dengan baik. Apa yang menjadi program prioritas Korlantas di penguatan ETLE audah dilaksanakan disini, itu seperti standarisasi operasional ETLE, di integrasi sistem dalam mendukung penerapan ETLE, serta penguatan pengawasan dan dalam pelaksanaan ETLE," Matrius menjelaskan.

2. Ditlantas Sulsel baru pasang lagi 4 ETLE di Pettarani

Korlantas Polri Apresiasi Inovasi ETLE Ditlantas Polda SulselKorlantas Polri Apresiasi Inovasi ETLE Ditlantas Polda Sulsel

Sementara itu, Kombes Agus mengatakan pada Desember ini Ditlantas Polda Sulsel mulai memasang dan mengoperasionalkan 4 kamera ETLE statis di Jalan AP Pettarani serta satu unit ETLE Mobile on Board, dan ETLE Mobile Handheld di Polres jajaran.

"Pemasangan baru ini untuk mendukung dan menguatkan 20 titik ETLE yang sudah ada dan terpasang sebelumnya di wilayah Makassar, dan di Polres jajaran itu juga kita sudah kota pasang," kata Kombes Agus.

3. Empat kamera statis di Pettarani foto puluhan ribu pelanggaran

Korlantas Polri Apresiasi Inovasi ETLE Ditlantas Polda SulselKorlantas Polri Apresiasi Inovasi ETLE Ditlantas Polda Sulsel

Disebutkan, 4 titik kamera statis yang baru terpsang di AP Pettarani sudah melakukan analisa data untuk periode tanggal 11-18 Desember tercatat, pelanggaran tertinggi terjadi pada titik Jalan Pettarani depan The Mutiara dengan total 57.168 pelanggaran atau 8.166 pelanggaran per-harinya.

Sementara itu untuk tipe pelanggaran yang terbesar bonceng 3 orang, jumlah 41.651 pelanggaran atau 5.950 pelanggaran per hari. Sehingga dalam satu minggu jumlah pelanggaran capai 88.864 pelanggaran.

Adapun jenis pelanggaran, tidak memakai sabuk pengaman 30.494, menggunakan handphone atau gadget saat berkendara ada 478, tidak mengenakan helm 16.241 dan boncengan 3 ada 41.651 pelanggaran.

"Dengan demikian pelanggaran tertinggi adalah berboncengan tiga," beber Agus.

Sementara untuk populasi pelanggaran berdasarkan lokasi, pelanggaran tertinggi di Jalan AP Pettarani depan The Mutiara sebanyak 57.168 pelanggaran, Kemenag 1.214, depan kantor Pos Pettarani 26.915, dan depan Living Plaza 3.567 pelanggaran.

"Pengembangan ETLE di Sulsel, khususnya di kota Makassar yang dipasang sekarang ini, sepanjang jalan Pettarani merupakan hasil kolaborasi dengan pemerintah daerah provinsi Sulsel," Agus menambahkan.

Baca Juga: Ditlantas Sulsel Dibuat Pusing, Warga Makassar Malas Bayar Tilang ETLE

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya