Kaleidoskop 2023: Sejumlah Kasus Hukum Paling Viral di Sulsel

Bentrok oknum TNI Vs Polsi hingga pemadaman listrik

Makassar, IDN Times - Banyak peristiwa kriminal dan hukum terjadi sepanjang tahun 2023 di wilayah Makassar, Sulawesi Selatan. Peristiwa tersebut mendapat sorotan dan perhatian publik karena viral di media sosial.

IDN Times Sulsel merangkum beberapa berita peristiwa kriminal atau kasus hukum yang ramai dibicarakan sepanjang tahun ini. Berikut, beberapa berita yang telah terbit.

Tarik tambang maut IKA Unhas hingga polisi lukai diri karena stres kalah judi

Kaleidoskop 2023: Sejumlah Kasus Hukum Paling Viral di SulselBarang bukti tali tarik tambang IKA Unhas disita Polrestabes Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Pada Januari 2023, kasus tarik tambang maut di Kota Makassar jadi sorotan publik. Kegiatan yang digelar IKA Unhas Sulsel di Jalan Jenderal Sudirman ini, berujung maut, di mana satu orang peserta tewas dan beberapa lainnya luka-luka akibat tertarik tali tambang hingga menghantam barter atau pembatas jalan di lokasi itu.

Penyidik Polrestabes Makassar kemudian menetapkan ketua panitia kegiatan sebagai tersangka. Tapi kemudian dihentikan karena ada sistem hukum Restorative Justice (RJ) dalam kasus ini, hal ini pun menimbulkan reaksi publik dan juga pengacara publik.

Anak legislator aniaya jukir, dan anggota Polri lukai diri karena kalah judi

Pada Februari 2023, seorang anak anggota DPRD Kabupaten Wajo ditetapkan sebagai tersangka, setelah melakukan tindak pidana penganiayaan terhadap seorang juru parkir di Wajo. Kasus ini pun viral di sosial media.

Dalam proses hukum, tersangka dan pihak keluarga disebut sempat membicarakan hal ini dengan keluarga korban, namun korban bersikeras melanjutkan kasus. Tersangka pun dijerat dengan pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 2 tahun 8 bulan.

Selain itu, pada bulan Februari 2023 ini juga ada satu berita yang jadi perhatian publik di Makassar yakni seorang anggota di Polda Sulsel bernama Bripda Yopi Kopang, melukai dirinya memakai sangkur karena diduga stres.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana membenarkan ihwal Bripda Yopi melukai dirinya karena stres kalah judi.

Polisi ungkap 1 hektar kebun ganja di Bone hingga siswa SMP perkosa teman hingga meninggal

Kaleidoskop 2023: Sejumlah Kasus Hukum Paling Viral di SulselPolda Sulsel rilis hasil pengungkapan 1 hektar lahan ganja di Bone. (Istimewa)

Masih Februari, pihak Ditresnarkoba Polda Sulsel mengungkap 1 hektar kebun ganjar di Bontojai, Kabupaten Bone. Pengungkapan ini dilakukan setelah dua pelaku ditangkap tim khusus Polda di wilayah Kota Makassar.

Kasus ini juga sempat viral di sosial media, karena polisi menyebutkan kebun ganja yang luasnya lebih dari 1 hektar ini melibatkan seorang petani. Bahkan, petani itu mengaku tidak tahu bahwa tanaman itu adalah ganja.

Siswa SMP di Bone perkosa teman sekelas hingga meninggal dunia

Lalu pertengahan Maret, seorang siswa SMP di Bone ditangkap polisi karena memperkosa teman sekolahnya hingga meninggal dunia. Pelaku yang masih berusia 15 tahun itu pun ditetapkan tersangka lalu diproses hukum.

Kasus ini sempat viral di sosial media usai polisi menangguhkan penahanan tersangka. Selain itu, kasus ini ramai diperbincangkan karena diduga kuat ada pelaku lain. Tetapi dalam proses hanya satu tersangka saja.

Anggota TNI bentrok dengan anggota Polri hingga temuan bunker narkoba di UNM

Kaleidoskop 2023: Sejumlah Kasus Hukum Paling Viral di SulselPos Polantas di pertigaan Jl Sultan Alaudfin - AP Pettarani Makassar dibakar OTK. (Istimewa)

Kemudian pada pertengahan April, sebuah insiden pengrusakan pos Polisi di Makassar yang dilakukan oknum TNI. Kasus tersebut langsung menjadi perhatian warga Makassar dan juga nasional, karena ada beberapa pos polisi bahkan kantor Polres juga diserang.

Saat itu, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso dan Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni langsung melakukan koordinasi dan menenangkan anggota dari TNI Polri yang sudah tegang.

Pasalnya insiden itu, berawal dari seorang prajurit TNI yang dikeroyok sejumlah polisi di pos polisi Flyover. Akibatnya, rekan-rekan dari korban langsung lakukan penyerangan dan penyisiran di wilayah kota Makassar.

Polisi bongkar bunker narkoba di kampus UNM

Pada Juni, pihak Polda Sulsel mengungkap sebuah bunker narkoba didalam sekretariat kampus UNM Parangtambung. Kasus ini pun viral di sosial media. Publik yang menyoroti kasus ini dibuat tercengang, karena kampus yang jadi tempat pendidikan dijadikan pelaku narkoba untuk gudang penyimpanan sabu.

Setelah diungkap oleh polisi, sejumlah orang pun diamankan, mereka dipastikan bukanlah mahasiswa aktif tapi alumni dari kampus itu.

Pria di Parepare suntikkan minyak ke penis hingga pemadaman listrik di Sulsel

Kaleidoskop 2023: Sejumlah Kasus Hukum Paling Viral di SulselPuluhan orang berunjuk rasa di kantor PLN Sulselrabar di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (29/11/2023). IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Lalu pada September, dua orang pemuda di Kota Parepare menjadi viral di sosial media. Keduanya viral karena tiba-tiba dilarikan ke rumah akit karena menyanyikan alat vitalnya dengan minyak kemiri, keduanya sempat dirawat inap dan menjalani perawatan.

Pihak Rumah Sakit (RS) di Parepare yang menangani kasus ini, menyebutkan kedua pemuda itu mempunya motivasi untuk bisa memperbesar kemaluannya dengan cara itu. Hal itu menurut dokter dilarang dalam medis.

Pemadaman listrik bergilir di Sulsel

Pada penghujung akhir tahun, warga Sulsel khususnya di Makassar dihadapkan dengan peristiwa mati lampu atau pemadaman listrik bergilir. Fenomena ini dirasakan masyarakat lebih dari 2 bulan, bahkan masuk 3 bulan.

Akibatnya, pihak mahasiswa dan sejumlah pemuda di Kota Makassar melakukan demo di kantor PLN Sulselrabar. Pihak PLN pun mengakui bahwa fenomena ini akibat dari dampak kekeringan atau fenomena El Nino.

Baca Juga: Masih Ada Pemadaman Listrik di Makassar, Cek Jadwalnya

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya