Damkar Gowa Sebut Kebakaran Hutan Pinus Malino Sudah Dipadamkan

Kebakaran hutan pinus Malino terjadi selama 4 jam

Makassar, IDN Times - Kebakaran di kawasan hutan pinus Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, berhasil dipadamkan pada Kamis petang (28/9/2023). Kebakaran di lokasi wisata tersebut. terjadi mulai pukul 11.00 Wita hingga dipadamkan pada pukul 15.05 Wita.

Kepala Pemadam Kebakaran (Damkar) Gowa, Rostam Razak, mengatakan, upaya pemadaman api dilakukan oleh dua regu Damkar dan dibantu para pihak terkait.

"Kebakaran di jalan Pendidikan hutan pinus Malino sudah padam, di sana ada dua regu yang disiapkan sekitar 18 orang, ditambah teman-teman dari badan bencana (BPBD)," kata Rostam Razak kepada wartawan.

1. Kebakaran hutan pinus malino seluas 8 hektare

Damkar Gowa Sebut Kebakaran Hutan Pinus Malino Sudah DipadamkanKebakaran di kawasan hutan pinus Malino, Kabupaten Gowa, Kamis (28/9/2023)/Istimewa

Terkait luas lahan kawasan hutan pinus Malino yang terbakar, Rostam mengaku tidak bisa memastikan, tapi dia perkirakan luas kawasan terbakar itu lebih dari 5 hektar.

"Soal luas lahan yang terbakar sementara ini belum bisa kita pastikan berapa, karena kita lakukan tindakan (pendinginan) dulu, diamankan. Tetapi kita perkirakan itu yang terbakar sekitar 8 hektar," ujar Rostam.

2. Damkar fokus padamkan api

Damkar Gowa Sebut Kebakaran Hutan Pinus Malino Sudah DipadamkanKepala Damkar Gowa, Rostam Razak/Istimewa

Rostam mengungkapkan, pihaknya belum bisa pastikan penyebab kebakaran di kawasan hutan pinus Malino. Damkar Gowa, kata dia,  saat ini masih fokus ke pamadaman api pada titik-titik yang bisa berpotensi menjadi kebakaran susulan.

"Penyebab kebakaran kita belum sampai ke situ, karena kalau kita tanyakan juga ke warga siapa dan apa penyebabnya, pasti tidak ada yang mengaku. Jadi kita konsen saja di pemadaman," ungkap Rostam.

"Karena kita khawatirkan meluas apalagi masuk dalam kawasan hutan pinus dan area perumahan, untuk mengantisipasi itu kami back up kembali dengan mengirim lagi satu unit ke Malino," sambungnya.

3. Damkar Gowa terima 4 laporan kasus kebakaran dalam sehari

Damkar Gowa Sebut Kebakaran Hutan Pinus Malino Sudah DipadamkanPihak kepolisian dan tim Damkar di Gowa berusaha padamkan kebakaran di hitan Pinus Malino. (Istimewa)

Hari ini, lanjut Rostam, pihaknya terima laporan kebakaran di 4 titik termasuk kebakaran kawasan hutan pinus Malino. Atas kejadian itu, Damkar Gowa mengeluarkan imbauan agar masyarakat tidak membakar sampah.

"Kita imbau untuk tidak membakar sampah atau lahan karena di musim kemarau ini sangat berpotensi terjadinya kebakaran. Atas nama Dinas Pemadam Kabupaten Gowa, mengimbau ke seluruh masyarakat untuk berhati-hati," tambah Rostam.

Baca Juga: Kawasan Hutan Pinus di Gowa dan Jeneponto Terbakar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya