Cuaca Buruk, Syahbandar Paotere Makassar Belum Warning Pelayaran

Tetap waspada cuaca buruk saat melaut

Makassar, IDN Times - Syahbandar Pos Paotere, Kota Makassar belum mengeluarkan peringatan potensi bahaya aktivitas pelayaran dari Pelabuhan Paotere, terkait cuaca buruk dalam beberapa hari terakhir.

"Dua atau tiga hari kedepan ini menurun cuaca (buruk), tanggal 31 (Januari) nanti diperkirakan naik. Jadi sekarang ini belum kita keluarkan warning," terang koordinator Syahbandar Paotere, Nufrizal Atmakaesa kepada IDN Times, Jumat (26/1/2024).

Menurut Nufrizal, peringatan dini cuaca buruk dan potensi gelombang laut yang tinggi dikeluarkan oleh BMKG hingga 25 Januari 2024. "Kemarin ada peringatan dari Pemerintah Kota Makassar tapi itu khusus di daratan, ini kita di laut," sambungnya.

1. Syahbandar Paotere tetap memantau

Cuaca Buruk, Syahbandar Paotere Makassar Belum Warning PelayaranIlustrasi hujan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (IDN Times/Irwan Idris)

Saat ini lanjut Nufrizal, pihaknya masih terus melakukan pemantauan cuaca yang diterbitkan Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) Kota Makassar terkait gelombang tinggi di laut.

"Tetap kita melakukan pemantauan ini, dan soal aktivitas di pelabuhan (Paotere) ada kegiatan pemberangkatan," ungkapnya.

2. Kepolisian Paotere imbau masyarakat soal keselamatan

Cuaca Buruk, Syahbandar Paotere Makassar Belum Warning PelayaranIlustrasi. Seorang ABK naik ke atas kapal pengangkut barang yang sandar di Pelabuhan Rakyat Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (24/1/2024). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Paotere, Iptu Haryanto mengaku, pihaknya saat ini terus melakukan imbauan kepada warga atau kapal-kapal pengangkut barang dan orang agar waspada jika ingin berlayar.

"Pastinya kami selalu mengingatkan soal keselamatan saat berlayar, terkait dengan kelengkapan dan alat keselamatan untuk penumpang dan ABK," kata Iptu Haryanto.

Haryanto mengatakan, standar keselamatan dan kelayakan kapal untuk bisa berlayar merupakan otoritas kesyahbandaran dan pelabuhan, "Tentu kami selalu lakukan koordinasi lagi pihak terkait," lanjutnya.

3. BMKG meminta Sulsel bagian Selatan waspada angin kencang

Cuaca Buruk, Syahbandar Paotere Makassar Belum Warning PelayaranPohon tumbang di CV Dewi Makassar, Senin (15/1/2024). Dok. IDN Times/DLH Makassar

Sebelumnya, prakirawan BMKG Makassar mengimbau masyarakat yang beraktivitas di laut agar waspada angin kencang yang diperkirakan terjadi di wilayah selatan.

"Untuk anginnya, kami menghimbau bagi masyarakat agar waspada angin kencang yang terjadi di bagian Selatan khususnya di kepulauan Selayar, kecepatan angin 40-50 Km perjam," ujar Subkoordinator Pelayanan Jasa BMKG, Rizky Yudha, Kamis (25/1).

Peringatan dini BMKG pada 26 Januari ini, moderate Sea dan tinggi gelombang laut 1.25-2.5 meter akan terjadi di Selat Makassar bagian Selatan.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG: Gelombang Tinggi hingga 25 Januari

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya