Caleg DPR RI di Makassar Viral Bagi-Bagi Uang Siap Diperiksa Bawaslu

Syarifuddin bagi-bagi uang di Pantai Losari Makassar

Makassar, IDN Times - Syarifuddin Dg. Punna atau Sadap, Caleg DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Selatan (Sulsel) 1, mengaku siap jika dipanggil oleh Bawaslu terkait kasus bagi-bagi uang.

"Pasti saya siap dipanggil untuk datang ke Bawaslu, masa tidak diundang untuk buat klarifikasi, saya masih tunggu panggilan," tegas Syarifuddin saat dikonfirmasi lewat telepon, pada Selasa sore (6/2/2024).

Diketahui, pada Selasa pagi, Komisioner Bawaslu Sulsel menggelar rapat pleno soal aktivitas Syarifuddin, kader Parati Demokrat, yang viral karena bagi-bagi uang di Pantai Losari, Makassar, Sabtu malam (3/2/2024).

Hasil rapat pleno tersebut, Bawaslu menemukan adanya dugaan tindak pidana terkait Pemilu. Kasus ini pun dilimpahkan ke Bawaslu Makassar untuk diproses.

Terkait proses di Bawaslu, Syarifuddin mengatakan, proses di Bawaslu ini harus ada yang melapor dan bawa bukti jika dia melakukan tindak pidana Pemilu.

"Apa yang harus saya klarifikasi? Harusnya kan ada yang melapor, masukkan laporan, siapkan bukti-bukti. Jadi kalau tidak itu ya saya tidak mau (klarifikasi)," ungkapnya.

"Tapi kalau memang sudah ada yang lapor ya bagaimanapun kita harus patuhi hukum, sebagai warga negara yang bagus serta yang baik itu harus," lanjut Syarifuddin.

Syarifuddin menambahkan, saat ini dia masih berada di Jakarta. Pasalnya, pasca hasil pleno Bawaslu Sulsel keluar, dia akan langsung ke kantor Bawaslu untuk rilis.

"Soal saya mau (rilis di Bawaslu) itu hoax, nyatanya saya masih di Jakarta ini. Tetapi nanti dipanggil ya kita hadir," tambahnya.

Sebelumnya, Komisioner Bawaslu Sulsel Andarias Dumas mengungkapkan, hasil keputusan pleno laporan Caleg DPR RI ini memenuhi syarat, dan akan ditindaklanjuti oleh pengawas Bawaslu Kota Makassar. 

"Karena memenuhi syarat formil materil dan keputusan kita limpahkan ke Bawaslu kota, dan ini juga pasti menjadi tanggung jawab kita (Bawaslu provinsi) untuk juga dampingi kasus ini," ungkap Andarias saar ditemui wartawan di kantor Bawaslu.

Baca Juga: Bawaslu Sulsel Gelar Pleno soal Video Caleg Bagi-bagi Uang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya