Bawaslu Periksa Caleg DPR RI Bagi-Bagi Uang di Pantai Losari Makassar

Caleg Demokrat itu mengaku hanya sedekah ke warga

Makassar, IDN Times - Bawaslu Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), telah memeriksa Caleg DPR RI, Syarifuddin Dg. Punna, yang viral usai membagi-bagikan uang jutaan rupiah di Pantai Losari, Makassar, pada awal Februari 2024.

Kata Komisioner Bawaslu Kota Makassar, Rahmat Sukarno, pemeriksaan Syarifuddin atau Sadap dilakukan oleh pihak Gakumdu yang berisi tim Bawaslu, Polisi, dan Jaksa.

"Pemeriksaan kemarin di kantor (Bawaslu), yang bersangkutan hadir dan memberikan keterangan, sekitar dua jam pemeriksaan," ungkap Rahmat kepada IDN Times Sulsel saat dikonfirmasi, Jumat (23/2/2024).

Sebelumnya, kasus Caleg DPR RI dari Partai Demokrat Sulsel ini viral setelah dia membagi-bagikan uang ke sejumlah warga di Pantai Losari, pada Sabtu malam (3/2/2024), beberapa hari sebelum hari pencoblosan.

1. Syariffuddin mengklaim bagi-bagi uang sebagai sedekah

Bawaslu Periksa Caleg DPR RI Bagi-Bagi Uang di Pantai Losari MakassarCaleg DPR RI daerah pemilihan Sulsel I asal Partai Demokrat Syarifuddin Daeng Punna. (kpu.go.id)

Dalam proses pemeriksaan sekirar 2 jam oleh tim Gakumdu Pemilu 2024, Rahmat mengatakan, Syarifuddin mengaku uang yang dia bagikan itu adalah sedekah.

"Memang dia sampaikan juga itu soal uang sedekah, tapi itu kan pendapatnya. Waktu pemeriksaan pertama ini juga kita berikan haknya dia untuk menjelaskan," terangnya.

2. Belum ada keputusan setelah proses pemeriksaan

Bawaslu Periksa Caleg DPR RI Bagi-Bagi Uang di Pantai Losari MakassarCaleg DPR RI dari Partai Demokrat, Syarifuddin Daeng Punna bagi-bagi uang di Pantai Losari Makassar/Istimewa

Lanjut Rahmat, setelah pemeriksaan Caleg DPR RI, Tim Gakumdu tidak langsung membuat keputusan, sebab masih harus melewati sejumlah proses kajian lagi.

"Tidak langsung kita putuskan, kita ini mau uji dulu semua dari keterangannya sekaitan dengan laporan yang dilayangkan pelapor soal itu (dugaan pelanggaran)," jelasnya.

"Belum ada juga rekomendasi apalagi di kesimpupannya, dan ini kan diuji lagi jadi misalnya kalau memang kita butuhkan lagi keterangan dipanggil lagi," lanjut Rahmat.

3. Bawaslu belum bisa sampaikan berapa saksi diperiksa

Bawaslu Periksa Caleg DPR RI Bagi-Bagi Uang di Pantai Losari MakassarIlustrasi pemilu/ kampanye. (IDN Times/Agung Sedana)

Ditanya terkait saksi lain atau tambahan, Rahmat mengaku belum bisa sampaikan secara detail berapa saksi yang dipanggil.

"Belum bisa saya sampaikan siapa-siapa yang kita mintai keterangan selaku saksi dan segala macam, karena ini kan masih berproses. Itu saja dulu," tambah Rahmat.

Baca Juga: Gakumdu Makassar Dalami Kasus Caleg DPR RI Bagi-Bagi Uang di Losari

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya