Bangunan Lapas Parepare Ternyata Didesain Khusus untuk Napi Anak

Kemenkumham Sulsel Sebut Bangunan Lapas Parepare Ternyata Un

Makassar, IDN Times - Petugas Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sulawesi Selatan (Sulsel) menemukan fakta baru terkait kasus narapidana kasus pelecehan seksual kabur dari Lapas Kelas IIA Parepare.

Kepala Bidang (Kabid) Keamanan Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Surianto mengaku, baru tahu bangunan Lapas Parepare tidak dibuat untuk tahanan orang dewasa.

"Saya ini baru tahu, ternyata bangunan itu (Lapas Parepare) didesain untuk bangunan (Lapas) anak. Jadi bukan didesain untuk napi dewasa," beber Surianto kepada IDN Times, Kamis siang (1/2/2024).

Diketahui, narapidana pencabulan anak, Heri bin Herman (22), berhasil kabur dari Lapas Kelas IIA Parepare, Minggu malam (28/1/2024). Tapi kini Heri sudah ditangkap.

1. Tim Inspektorat dari pusat juga periksa Lapas Parepare

Bangunan Lapas Parepare Ternyata Didesain Khusus untuk Napi AnakTembok yang dipanjat oleh napi kabur di Lapas Parepare/Istimewa

Untuk itu lanjut Surianto, saat ini bukan saja tim dari Kemenkumham Sulsel yang mengevaluasi petugas Lapas Parepare, tapi juga tim Inspektorat Kemenkumham dari Jakarta.

"Sekarang tim inspektorat dari Jakarta ini juga melakukan evaluasi, dan soal desain bangunan saya tahu dari tim inspektorat, jadi kita sama-sama," ungkap Surianto.

2. Tim Inspektorat-Kemenkumhan gelar evaluasi menyeluruh

Bangunan Lapas Parepare Ternyata Didesain Khusus untuk Napi AnakNapi kasus pencabulan kabur dari Lapas Parepare/Istimewa

Surianto menjelaskan, pihak Inspektorat Kemenkumham pusat sudah melakukan evaluasi itu, begitu juga tim Kanwil Sulsel.

"Jadi yang dari inspektorat itu (dipimpin) ibu Ika, kita sama-sama lakukan evaluasi secara menyeluruh. Hasil dari kami belum diserahkan ke pimpinan," jelas Surianto.

Baca Juga: Lapas Parepare Klaim Berhasil Lacak Tahanan Kasus Cabul yang Kabur 

3. Narapidana kasus cabul masih ditahan di Polres Parepare

Bangunan Lapas Parepare Ternyata Didesain Khusus untuk Napi AnakIlustrasi borgol (IDN Times)

Diberitakan sebelumnya, penangkapan narapidana kasus pencabunan anak yang kabur, dilakukan oleh tim Resmob Polres Kota Parepare dan tim Lapas Parepare, Rabu (31/1/2024).

"Yang bersangkutan ini ditangkap kemarin (31/1) di daerah Siwa (Wajo). Ia ditangkap subuh, jadi siangnya langsung itu saya ke Parepare," ungkap Surianto lewat telepon.

Kata Suryanto, saat ini narapidana Heri bin Herman ini masih ditahan di Kantor Polres Kota Parepare. Heri tak langsung dibawa ke Lapas Parepare karena sejumlah pertimbangan.

"Jadi dia (Heri) ditangkap oleh tim Resmob Polres Parepare bersama tim Lapas. Saat ini dia masih ditahan di Polres karena kalau dibawa ke Lapas nanti ada apa-apa, jadi kita menghindari hal-hal buruk," terangnya.

Baca Juga: Napi Kabur dari Lapas Parepare Ditangkap di Wajo

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya