Gubernur Sulsel Imbau Perayaan Malam Tahun Baru Tanpa Petasan

Petasan berbahaya bagi masyarakat

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah mengajak masyarakat di daerahnya menyambut malam pergantian tahun dengan melakukan hal-hal yang positif. Bahkan dia mengimbau agar malam pergantian tahun nanti dirayakan tanpa membunyikan petasan.

Petasan, menurut Nurdin, dapat membahayakan orang yang membakar maupun bagi orang lain. Selain itu, petasan juga, kata dia, bisa berdampak buruk pada kesehatan pendengaran.

"Makanya kita berharap malam tahun baru tanpa petasan. Kalau kembang api masih bisalah tapi petasan itu yang kita tidak inginkan," ujar Nurdin di Rujab Gubernur Sulsel, Kamis (19/12).

1. Minta kepolisian lakukan razia petasan

Gubernur Sulsel Imbau Perayaan Malam Tahun Baru Tanpa PetasanGubernur Sulsel Nurdin Abdullah. IDN Times/Aan Pranata

Nurdin pun mengaku telah mengeluarkan surat edaran terkait hal ini. Dia meminta seluruh jajaran Forkopimda agar turut melakukan pengawasan terhadap penjualan petasan.

Selain itu, dia juga meminta jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel untuk menggencarkan razia petasan di berbagai toko. Sebab selama ini, petasan sudah sangat identik dengan perayaan Tahun Baru.

"Surat edaran sudah. Tadi kan Kapolda juga udah sampaikan bahwa sudah dilakukan pemeriksaan toko-toko yang menjual petasan," kata Nurdin.

2. Makassar jadi fokus pengamanan

Gubernur Sulsel Imbau Perayaan Malam Tahun Baru Tanpa PetasanApel gelar pasukan Operasi Lilin 2019 Pengamanan Nataru di Lapangan Karebosi Makassar, Kamis (19/12) / Istimewa

Lebih jauh dia mengatakan, bahwa saat ini pengamanan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru sudah dilakukan di seluruh wilayah Sulawesi Selatan dengan melibatkan aparat kepolisian dan TNI.

Hanya saja, Makassar sebagai ibu kota provinsi menjadi fokus paling utama dalam pengamanan. Karena diprediksi Makassar masih akan menjadi pusat perayaan malam Tahun Baru nanti.

"Kita harus mengantisipasi. Bagaimanapun, malam Tahun Baru itu identik masih Makassar. Masyarakat dari seluruh daerah di Sulsel itu semua tumpah ke Makassar merayakan Tahun Baru," katanya.

Baca Juga: NPS, Narkoba Baru dari Hong Kong Masuk ke Sulsel Jelang Tahun Baru 

3. Nurdin minta ada posko pengamanan

Gubernur Sulsel Imbau Perayaan Malam Tahun Baru Tanpa PetasanApel gelar pasukan Operasi Lilin 2019 Pengamanan Nataru di Lapangan Karebosi Makassar, Kamis (19/12) / Istimewa

Oleh karena itu, Nurdin juga meminta jajaran Polda untuk menyiapkan posko keamanan di setiap titik perbatasan tiap kabupaten, karena menurut dia, akan banyak masyarakat yang menuju ke Makassar jelang malam Tahun Baru.

"Saya kira perjalanan dari daerah sudah menjadi rutinitas. Kita bangun posko pengaman dan layanan sehingga jika terjadi apa-apa pada warga yang melintas, maka dengan cepat kita ambil langkah penyelamatan," kata Nurdin.

Baca Juga: Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Sulsel, Makassar Jadi Fokus

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya