Workshop Publikasi Internasional FKIP Unhas Diikuti Mahasiswa Malaysia

Publikasi internasional jadi syarat ujian pascasarjana Unhas

Makassar, IDN Times - Publication Management Unit (PMU) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, menggelar pelatihan publikasi jurnal internasional bagi mahasiswa pascasarjana, Senin (19/6/2023).

Ketua PMU FIKP Unhas, Khusnul Yaqin, menyampaikan bahwa pelatihan ini diperuntukkan bagi mahasiswa agar bisa menghasilkan karya ilmiah berkualitas.

"Membantu mahasiswa dalam penyelesaian studinya yang dipersyaratkan adanya publikasi makalah ilmiah di jurnal internasional bereputasi," kata Khusnul dalam rilis persnya.

1. Berdasar peraturan rektor Unhas

Workshop Publikasi Internasional FKIP Unhas Diikuti Mahasiswa MalaysiaRektor Unhas, Prof Jamaluddin Jompa saat wawancara degan wartawan, Jumat (4/11/2022). IDN Times Sulsel/Dahrul Amri

Khusnul mengatakan, publikasi ilmiah di jurnal internasional bagi mahasiswa pascasarjana merupakan tindak lanjut dari Peraturan Rektor Unhas. Di mana salah satu syarat ujian mahasiswa yaitu menerbitkan paper pada jurnal/prosiding yang terindeks Scopus/WoS.

"Hal ini menjadi "challenge" bagi mahasiswa Pascasarjana Unhas selain pembuatan tesis/disertasi," ucap Khusnul.

Menerbitkan paper atau artikel ilmiah pada jurnal yg terindex Scopus bukanlah hal yang mudah, jelas Khusnul. Apalagi bagi mahasiswa yang baru memulai dalam dunia penelitian dan penulisan. Untuk dapat diterbitkan pada jurnal bereputasi yang terindeks Scopus, paper yang ditulis tentunya harus berkualitas.

2. Peserta juga berasal dari luar negeri

Workshop Publikasi Internasional FKIP Unhas Diikuti Mahasiswa Malaysiaunhas.ac.id

Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa FIKP saja namun mahasiswa dari fakultas bahkan universitas luar seperti Universiti Malaysia Terengganu dan Universiti Teknologi Mara Serawak juga ikut serta pada kegiatan ini. Kegiatan ini juga diikuti oleh para peneliti hingga para dosen.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Dekan FIKP Unhas, Safruddin. Dalam sambutannya, dia menyampaikan bahwa publikasi di jurnal internasional menjadi faktor penting dalam dunia ilmu pengetahuan.

"Dan mendukung capaian universitas sebagai world class university," kata Safruddin.

3. Diikuti 84 peserta

Workshop Publikasi Internasional FKIP Unhas Diikuti Mahasiswa MalaysiaPapan nama Universitas Hasanuddin (Unhas) di Jalan Perintis Kemerdekaan, Tamalanrea, Kota Makassar, Sulsel, Sabtu (10/9/2022). IDN Times Sulsel/Dahrul Amri

Kegiatan Pelatihan Publikasi Jurnal Internasional berlangsung di ruang sidang Lt.2 FIKP Unhas pukul 10.00. Pelatihan ini dibawakan oleh Kepala Pusat manajemen publikasi Unhas, Dahlang T yang dipandu oleh Khusnul Yaqin sebagai moderator.

Kegiatan berlangsung secara lancar dengan diikuti oleh 84 peserta. Salah satu peserta Achdiat dari Universiti Malaysia Terengganu menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena adanya tips dan trik dalam penulisan dan publikasi. Harapannya semoga kegiatan seperti ini dapat dilakukan kembali untuk memberikan pendampingan kepada mahasiswa dalam hal publikasi

Baca Juga: Korpala Unhas Gelar Spesialisasi Anggota di Dua Provinsi 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya