Viral Sampah Berhamburan di Jalan Antang Raya Makassar

DLH Makassar sebut truk sampah kelebihan muatan

Makassar, IDN Times - Sebuah video viral menampilkan tayangan sampah yang berhamburan di Jalan Antang Raya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Sampah itu berhamburan hingga menutupi sebagian ruas jalan.

Lokasinya berada di depan Stikes Mega Rezki, Jalan Antang Raya, Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Warga melihat sampah ini berhamburan sekitar pukul 05.00 WITA. Namun kini, sampah-sampah tersebut telah dibersihkan.

"Iya, memang tadi subuh ada sampah berhamburan di sini. Tapi sekarang sudah dibersihkan. Tidak tahu juga dari mana asalnya," kata Bahar, seorang penarik bentor di sana.

1. Truk sampah kelebihan muatan

Viral Sampah Berhamburan di Jalan Antang Raya MakassarPenampakan truk kebersihan dengan bak oleng yang beroperasi di jalanan Makassar, April 2023. (Dok. Instagram/makassar_iinfo)

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Ferdy Mochtar, saat dikonfirmasi mengatakan sampah-sampah yang berhamburan itu berasal dari truk sampah yang menuju ke TPA Tamangapa Antang. Namun dalam perjalanannya, terjadilah insiden tersebut.

Ferdy mengakui bahwa ada unsur kelalaian dari sopir truk. Truk sampah itu mengalami kelebihan muatan yang mengakibatkan isinya tumpah hingga berhamburan di jalan.

"Tidak disengaja, kejadiannya jam 5, penopang sampah terlalu tinggi, penopangnya sampah rusak. Sopirnya juga tidak langsung antisipasi pada saat itu dia sangka tidak berceceran, ternyata berceceran," kata Ferdy.

2. Sopir armada pengangkutan sampah perlu dievaluasi

Viral Sampah Berhamburan di Jalan Antang Raya MakassarAntrean truk pengangkut sampah yang tertahan di depan jalan masuk kawasan TPA Tamangapa Antang, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (14/8/2023). IDN Times/Ashrawi Muin

Atas kejadian ini, pihak DLH Makassar menyampaikan kepada pihak kecamatan agar mengevaluasi hal ini. Armada-armada truk pengangkut sampah tidak boleh kelebihan muatan demi keamanan bersama.

Biasanya, kata Ferdy, sopir atau kondektur yang mengambil sampah tidak mengerti aturan. Kadang, volume sampah sudah terlalu tinggi tapi truk masih tetap diisi.

"Jangan terlalu dipaksakan angkutan sampahnya kalau sudah melebihi dari tingginya, jangan dikasih lebih lagi," kata Ferdy.

3. Sampah berhamburan sudah dibersihkan

Viral Sampah Berhamburan di Jalan Antang Raya MakassarTPA Tamangapa, Antang, Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Terkait sampah yang berhamburan itu, Ferdy mengatakan petugas telah membersihkannya. Saat ini, ruas jalan tersebut telah bisa dilalui kendaraan dengan normal.

"Sudah ditangani jam 6 pagi selesai dan tidak ada unsur kesengajaan," kata Ferdy.

Baca Juga: DLH Makassar Segera Hentikan Operasional Truk Sampah yang Tidak Layak

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya