Sederet Tokoh Perempuan Calon Kepala Daerah di Pilkada 2024 se-Sulsel

Ada 20 orang kandidat perempuan yang maju Pilkada di Sulsel

Intinya Sih...

  • Pilkada Serentak 2024 semakin dekat, dengan 70 paslon yang mendaftar termasuk di Pilgub, Pilwali dan Pilbub. Total ada 140 peserta Pilkada di Sulsel.
  • Sebanyak 19 orang atau 13,5 persen dari total peserta Pilkada di Sulsel merupakan perempuan, tersebar di berbagai daerah termasuk kontestasi Pilgub Sulsel.
  • Partisipasi perempuan di Pilkada dianggap sebagai fenomena baru yang menunjukkan peningkatan animo berpolitik di Sulsel.

Makassar, IDN Times - Pilkada Serentak 2024 kian dekat. Tahapannya telah memasuki penetapan pasangan calon atau paslon pada 22 September 2024. Setelah ditetapkan, mereka akan berlaga pada 27 November 2024 mendatang.

Mengacu pada data yang dihimpun, tercatat 70 paslon yang telah mendaftar termasuk di Pilgub, Pilwali dan Pilbub. Dengan demikian, total ada 140 peserta Pilkada di Sulsel.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 19 orang atau 13,5 persen di antaranya merupakan perempuan. Mereka tersebar di berbagai daerah termasuk di kontestasi Pilgub Sulsel.

Siapa saja dan apa alasan parpol mengusung calon kepala daerah perempuan.

1. Alasan parpol usung Cakada perempuan

Sederet Tokoh Perempuan Calon Kepala Daerah di Pilkada 2024 se-SulselPasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Indira Yusuf ismail dan Ilham Ari Fauzi Amir Uskara saat mendaftar di KPU Makassar, Kamis (29/8/2024). IDN Times/Faisal Mustafa

Di Pilwali Makassar misalnya, ada Indira Yusuf Ismail yang mendaftar sebagai calon Wali Kota Makassar. Indira berpasangan dengan Ilham Fauzi Amir Uskara dengan diusung tiga parpol yaitu PPP, PDI P dan PKB.

PPP menjadi parpol pertama yang mendorong Indira maju di Pilwali Makassar 2024. Ketua DPC PPP Makassar, Akbar Yusuf, menjelaskan partainya mendorong Indira maju di Pilwali karena melihat dua periode kepemimpinan Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto sebagai Wali Kota Makassar. Indira merupakan istri dari Danny Pomanto.

Akbar mengatakan bahwa sejak dipimpin Danny, Kota Makassar maju cukup pesat di hampir semua sektor. Karena itu, PPP melihat bahwa yang dibutuhkan saat ini adalah sosok pemimpin yang bisa melanjutkan dan meneruskan kebaikan untuk Kota Makassar.

"Ibu Indira salah seorang atau sosok pemimpin yang paling mengerti apa yang Makassar butuhkan saat ini. Karena beliau adalah Ibu PKK Kota Makassar, istri wali kota saat ini yang di mana mungkin beliau ini yang paling paham apa yang Kota Makassar butuhkan," kata Akbar saat diwawancarai IDN Times, Sabtu (21/9/2024).

Akbar menyatakan tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam pencalonan Pilkada. Menurutnya, kepemimpinan itu tidak melihat gender. Selama dirasa mampu, maka itulah yang didorong.

Selain itu, PPP juga melihat jumlah pemilih perempuan yang cukup besar. Di sisi lain, pemilih Gen Z juga besar karena itulah Indira dipasangkan dengan Ilham Fauzi yang berusia 25 tahun.

"Jadi perpaduan antara pemilih emak-emak dengan pemilih Gen Z yang kami lihat. Kenapa sampai bisa paket ibu Indira dan Ilham ini diciptakan," kata Akbar.

PPP tidak membuka penjaringan atau perekrutan calon kandidat saat itu. Akbar juga menjelaskan partainya tidak membuka penjaringan karena sudah yakin mengusung Indira.

"Kami memang tidak membuka pendaftaran karena kan sebelum kami mendorong beliau (Indira) ini memang kami sudah bicarakan secara internal di PPP," kata Akbar.

2. Para perempuan Sulsel yang maju di Pilkada

Sederet Tokoh Perempuan Calon Kepala Daerah di Pilkada 2024 se-SulselBakal Calon Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Fatmawati Rusdi (dok. Istimewa)

Adapun para kandidat perempuan di Sulawesi Selatan yang akan bertarung di arena Pilkada yaitu Fatmawati Rusdi sebagai calon Wakil Gubernur Sulawesi Selatan berpasangan dengan Andi Sudirman Sulaiman. Dia menjadi satu-satunya perempuan di Pilgub Sulsel.

Berlanjut ke Kota Makassar, ada tiga sosok perempuan yang memiliki basis suara besar. Ada istri Wali Kota Makassar dua periode Moh Ramdhan Pomanto, yaitu Indira Yusuf Ismail. Dia mengikuti jejak suaminya bertarung di Pilwali Makassar dengan tagline Melanjutkan Perjuangan.

Masih di Makassar, salah satu Srikandi NasDem yakni Rezki Mulfiati Luthfi sebagai wakil yang berpaket dengan Andi Seto Gadhista Asapa. Tak ketinggalan istri mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, Aliyah Mustika Ilham, yang juga maju sebagai wakil berpasangan dengan Munafri Arifuddin.

Lanjut ke Kabupaten Barru, ada 2 figur perempuan yang memantapkan diri sebagai 01 yaitu Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari berpasangan dengan Abustan. Kemudian ada Ulfah Nurul Huda Suardi yang juga merupakan istri dari Bupati Barru saat ini Suardi Saleh. Ulfah berpasangan dengan Mudassir.

Pilwali Pare-pare pun tidak ketinggalan figur perempuan. Ada Erna Rasyid Taufan yang juga adalah istri dari Wali Kota Parepare sebelumnya yakni Taufan Pawe. Dia berpasangan dengan Rahmat SA.

Lanjut ke Sidrap, ada Nur Kanaah, seorang birokrat dan aktivis perempuan yang dipinang Syaharuddin Alrif untuk mendampinginya dalam kontestasi Pilkada. Lalu di Pilkada Pinrang ada politisi perempuan, Andi Hastri Wello, yang dipinang oleh Usman Marham.

Lalu di Sinjai ada Andi Kartini Ottong yang berhasil mengantongi izin Golkar untuk melenggang dalam pertarungan Sinjai bersama Muzakkir. Kemudian ada Ratnawati Arif selaku eks birokrat Sinjai yang maju sebagai 01 berpasangan dengan Andi Mahyanto Mazda. Kemudian ada Nursanti yakni pengusaha sekaligus politisi NasDem yang berpasangan dengan Lukman.

Di Pilkada Soppeng, ada Rektor Universitas Lamappapoleonro yakni Andi Adawiyah yang berpaket dengan Andi Mapparemma. Tak ketinggalan di Luwu Timur, ada juga Puspawatu Husler yakni istri mendiang Bupati Luwu Timur Thoriq Husler. Puspa digandeng sebagai wakil oleh Irwan Bachri Syam.

Pilwali Palopo juga tak kalah menarik. Ada tiga figur perempuan ikut maju di arena Pilkada 2024. Sosok pertama yang muncul adalah kader Golkar Nurhaenih yang dipinang Farid Kasim Judas menjadi calon Wakil Wali Kota Palopo. Figur kedua yakni istri mantan Bupati Kabupaten Luwu dua periode, Andi Mudzakkar yakni politisi Gerindra Andi Tenri Karta. Masih di Palopo, ada lagi Putri Dakka selaku pengusaha dan owner skincare yang berpaket dengan Haidir Basir.

Di Pilkada Gowa, ada Sitti Husniah Talenrang, adik dari Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Fadil Imran yang berpaket dengan Darmawangsa Muin. Kemudian Amir Uskara yang menggandeng Irmawati Haeruddin. Lanjut ke Bantaeng, ada Ketua KNPI Sulsel yakni Kanita Kahfi yang digandeng Ilham Azikin Soltan sebagai wakil.

Baca Juga: Profil Indira Jusuf Ismail, Kandidat Perempuan di Pilwalkot Makassar

3. Bukti perempuan semakin melek politik

Sederet Tokoh Perempuan Calon Kepala Daerah di Pilkada 2024 se-SulselIlustrasi pemilihan kepala daerah (pilkada). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Pemerhati Perempuan, Nur Fadhilah Mappaselleng, menilai partisipasi perempuan di Pilkada kali ini merupakan sebuah kabar baik. Menurutnya, hal ini menunjukkan animo berpolitik di Sulsel yang semakin menanjak.

Dengan keikutsertaan perempuan ini merupakan bukti bahwa perempuan semakin sadar politik. Fenomena ini tentu berbanding terbalik dengan Pilkada sebelum-sebelumnya yang masih jarang kandidat perempuan.

"Jadi kita patut bersyukur bahwa di Sulsel ada fenomena baru perempuan-perempuan itu telah memenuhi kesejahteraan gender," kata Fadhilah yang juga WR 3 UMI ini.

Dia mengakui bahwa perempuan kerap dikaitkan hanya sebagai pelengkap dalam politik. Namun menurutnya itu hanya terjadi pada Pemilu yang lalu-lalu.

Saat ini, para kandidat perempuan tersebut juga punya prestasi tidak main-main sehingga berani mencalonkan diri. Mereka adalah para tokoh yang sudah dikenal di daerahnya masing-masing.

Karena itu, bukan eranya lagi untuk menyebut perempuan hanya sebagai pelengkap atau pemanis. Parpol tentu memilih mereka bukan tanpa alasan.

"Saya melihat bahwa anggapan alergi terhadap politik yang dilakukan perempuan itu semakin baik, semakin terkikis orang yang berminat dan itu tidak main-main menjadi tokoh-tokoh daerah di Sulsel," katanya.

Baca Juga: Pilgub Sulsel: Nasdem Sesumbar Sudirman-Fatma Raih 89 Suara di Maros

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya