Polda Sulsel Siapkan 1 Helikopter Bantu Distribusi Logistik Pemilu

Distribusi logistik Pemilu 2024 ke pulau terluar

Makassar, IDN Times - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel) siagakan personel guna membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendistribusikan logistik Pemilu dan Pilpres 2024 ke beberapa kawasan yang sulit dijangkau. Polda bahkan menyiapkan satu unit helikopter untuk distribusi logistik ke wilayah terluar.

Kepala Biro Operasional Polda Sulsel, Komisaris Besar Bambang Wijanarko, mengatakan satu unit helikopter itu merupakan bantuan dari Mabes Polri untuk membantu proses distribusi logistik Pemilu 2024. Helikopter tersebut saat ini telah berada di Mapolda Sulsel.

"Kami sudah meminta Mabes Polri untuk heli, mem-backup seandianya ada lokasi-lokasi yang sulit untuk didistribusikan logistiknya. Kami sudah stand by kan satu heli di Polda Sulsel," katanya saat meninjau gudang logistik pemilu KPU Makassar, Senin (8/1/2024).

1. Polda juga siapkan pengamanan TPS

Polda Sulsel Siapkan 1 Helikopter Bantu Distribusi Logistik PemiluLogistik Pemilu 2024 yang akan didistribusikan di Sulawesi Selatan, Senin (8/1/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Selain itu, Polda Sulsel juga telah menyiapkan pengamanan dan pengawalan Pemilu 2024. Setiap TPS diamankan dengan pola yakni 2 Polri, 2 PTPS, dengan 6 Linmas.

Bambang menjelaskan berdasarkan potensi Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), wilayah Sulsel masuk kategori cukup kondusif. Untuk itu, Polda Sulsel tidak menggunakan pola untuk kategori sangat rawan.

"Kalau dulu istilahnya aman. Sekarang kurang rawan. Prinsipnya kita sudah mentapkan pola-pola pengamanan TPS termasuk logistik bahkan mengantiispasi yang sudah disampaikan," kata Bambang.

2. Pemprov siap bantu distribusi logistik melalui anggaran BTT

Polda Sulsel Siapkan 1 Helikopter Bantu Distribusi Logistik PemiluLogistik Pemilu 2024 yang akan didistribusikan di Sulawesi Selatan, Senin (8/1/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, menyatakan pihaknya siap membantu distribusi logistik KPU terutama ke pulau-pulau. Pemprov siap membantu dengan pendanaan dengan memanfaatkan anggaran BTT.

Walaupun Pemilu memakai APBN, tapi jika dalam proses distribusi logistik ada kendala berupa cuaca buruk, maka Forkopimda akan membantu dengan penggunaan alat-alat militer maupun kepolisian.

"Kalau BTT itu kan prinsipnya berapa pun yang dibutuhkan oleh KPU dan Bawaslu kami siap mendukung bahkan Wali Kota Makassar juga sudah menyiapkan. Jadi seluruh kabupaten/kota juga menyiapkan," kata Bahtiar.

3. Logistik siap dikirim ke pulau-pulau terluar

Polda Sulsel Siapkan 1 Helikopter Bantu Distribusi Logistik PemiluInstagram.com/suhandi_01

Sementara itu, logistik Pemilu di Kabupaten Pangkep telah selesai 100 persen dan telah siap dikirim hingga ke pulau terluar. Kabupaten Pangkep termasuk daerah di Sulsel yang wilayahnya memiliki banyak pulau.

Menurut Bahtiar wilayah geografis Kabupaten Pangkep itu tentunya menjadi tantangan tersendiri dalam penyaluran logistik Pemilu. Namun dia optimistis, pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 di Kabupaten Pangkep sudah sangat siap.

"Saya juga dua hari kemarin mengecek kesiapan daerah Kepulauan Pangkep, dan di sana sudah lengkap semua dan direncanakan awal 14 Hari sebelum hari H mereka merencanakan sudah menggeser ke pulau-pulau," kata Bahtiar.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulsel Atensi Distribusi Logistik Pemilu dengan BTT

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya