Penumpang KM Umsini Diberangkatkan dengan Kapal Pengganti

KM Umsini mengalami kebakaran di Pelabuhan Makassar

Intinya Sih...

  • Plt Kepala PELNI Makassar pastikan penumpang KM Umsini diangkut menggunakan kapal lain.
  • Penumpang yang melanjutkan perjalanan akan diangkut menggunakan kapal lain, disiapkan tempat dan makanan.
  • Pihak PELNI masih menyelidiki penyebab kebakaran KM Umsini, kapal berusia 30 tahun dan rutin dicek.

Makassar, IDN Times - Plt Kepala Cabang PELNI Makassar, Andi Besse Jalante, memastikan seluruh penumpang Kapal Motor (KM) Umsini yang akan melanjutkan perjalanan ke pelabuhan tujuan, akan diberangkatkan menggunakan kapal lain.

Andi Besse menjelaskan, KM Umsini yang mengalami kebakaran pada Minggu (9/6/2024), mengangkut sekitar 2.000 penumpang, saat bersandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar.

"Untuk penanganan penumpang sendiri ada yang lanjutan dan ada yang tidak ingin melanjutkan perjalanannya akan diakomodir dengan memberikan pembatalan tiket 100 persen," kata Andi Besse.

1. Penumpang diberangkatkan dengan kapal pengganti

Penumpang KM Umsini Diberangkatkan dengan Kapal PenggantiTangkapan layar video KM Umsini kebakaran di Pelabuhan Makassar, Minggu (9/6/2-24)/Istimewa

Penumpnang yang hendak melanjutkan perjalanan, kata Andi Besse, akan diangkut menggunakan Kapal Dharma Lautan Utama (DLI) sore ini dan KM Dorolonda pada Senin besok, serta KM Labobar untuk pemberangkatan pada Selasa lusa.

"Itu kami bekerja sama dengan PT Pelindo dalam hal ini menyediakan tempat didalam dengan tempat ada kasurnya dan kami juga sudah akan menyiapkan makanan dan minuman baik anak-anak dan orang dewasa Jadi kami tetap menjamin dan memantau terus penumpang yang akan melanjutkan perjalanan sampai mereka berangkat.

2. Penyebab kebakaran KM Umsini

Penumpang KM Umsini Diberangkatkan dengan Kapal PenggantiTangkapan layar video KM Umsini kebakaran di Pelabuhan Makassar, Minggu (9/6/2-24)/Istimewa

Andi Besse menyebut, hingga kini belum diketahui pasti penyebab kebakaran KM Umsini. Kata dia, pihak PELNI sementara melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terjadap kondisi kapal.

"Karena kami juga masih menunggu penyelidikannya dulu dan sementara ini kami juga menunggu .Jadi kami belum bisa memberikan keterangan kejadian seperti apa," ucapnya.

Kekabaran KM Umsini, ungkap Andi Besse, terjadi sesaat sebelum kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Makassar. "Sisa 10 menit akan berangkat dan penumpang sudah naik semua begitu kurang lebih 10 menit sebelum berangkat," katanya.

Baca Juga: Isolasi Apung di KM Umsini Makassar Resmi Ditutup

3. Usia kapal Umsini

Penumpang KM Umsini Diberangkatkan dengan Kapal PenggantiTangkapan layar video KM Umsini kebakaran di Pelabuhan Makassar, Minggu (9/6/2-24)/Istimewa

Andi Besse menjelaskan, KM Umsini berusia sekitar 30-an tahun. Menurutnya, kapal tersebut belum tua dan masih layak beroperasi. Selain itu, PT PELNI juga rutin melakukan pengecekan terhadap semua unit kapal, termasuk KM Umsini.

"Kami itu setiap tahunnya kami mengadakan namanya docking jadi untuk perawatannya itu kami selalu mengadakan tim PT Pelni selalu memantau kondisi kapal seperti apa baru kami berangkatkan," ucapnya.

KM Umsini mengalami kebakaran saat bersandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Minggu pagi. KaKM Umsini mengalami kebakaran saat bersandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Minggu pagi.pal tujuan Surabaya itu mengangkut 1.667 penumpang. Tim pemadam kebakaran serta pihak pelabuhan berhasil memadamkan api sekitar pukul 09.00 Wita.

Baca Juga: KM Umsini Kebakaran di Pelabuhan Makassar, 1677 Penumpang Selamat

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya