Warga Makassar Bisa Akses 40 Layanan Publik di Kontainer Terpadu

Kontainer layanan publik di Makassar bernama Konter

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto resmi meluncurkan Kontainer Terpadu (Konter). Peluncuran berlangsung secara serentak di  15  kecamatan dan terpusat di Jalan Topaz, Kelurahan Masale, Kecamatan Panakukkang, Senin (3/7/2023).

Konter merupakan alih fungsi dari kontainer Makassar Recover yang awalnya diperuntukkan sebagai pusat aktivitas pencegahan COVID-19 di setiap kelurahan. Setelah memasuki masa endemik, kontainer itu pun dialihfungsikan menjadi pusat 40 pelayanan publik.

“Setelah status pandemik COVID-19 dinyatakan berakhir atau dicabut maka kita manfaatkan maksimal kembali," kata Danny dalam sambutannya. 

1. Mendekatkan layanan publik

Warga Makassar Bisa Akses 40 Layanan Publik di Kontainer TerpaduWali Kota Makassar, Danny Pomanto meresmikan penggunaan kontainer Makassar Recover untuk pelayanan publik, Senin (3/7/2023). IDN Times/Ashrawi Muin

Danny Pomanto menyatakan bahwa pelayanan terdepan bagi masyarakat ada di tingkat kelurahan. Untuk itu, Pemkot mengambil kebijakan dengan menjadikan kontainer Makassar Recover sebagai pusat 40 layanan publik untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan publik.

Awalnya, Danny menyebut ada  41 layanan publik yang bisa diakses di Konter. Namun akhirnya layanan Posyandu dihilangkan sehingga menjadi 40 layanan.

"Pemkot mengambil kebijakan. Kita menyadari pelayanan paling depan ada di kelurahan dan Kelurahan sudah kewalahan menerima pelayanan akibat tingginya kegiatan sosial ekonomi. Maka dari itu kita manfaatkan kontainer untuk membantu kerja-kerja percepatan pelayanan di Kelurahan lewat kontainer ini,” kata Danny.

Danny berharap Konter menjadi bagian penyempurnaan pelayanan publik yang lebih responsif, detail dan mendengar masyarakat.  

“Unsur-unsur Pemkot Makassar akan terus aktif dan segera konsolidasi hingga lapisan masyarakat ke bawah sehingga masyarakat luas semakin banyak mengetahui manfaat kehadiran kontainer ini,” kata Danny.

2. Menyediakan kain kafan gratis

Warga Makassar Bisa Akses 40 Layanan Publik di Kontainer TerpaduPeresmin kontainer Makassar Recover sebagai posko pelayanan publik di Makassar, Senin (3/7/2023). IDN Times/Ashrawi Muin

Danny menyebutkan sejumlah pelayanan yang bisa diakses di Konter. Salah satunya ketika ada warga yang meninggal dan membutuhkan kain kafan gratis maka pihak keluarga bisa meminta langsung di Konter. Selain itu, pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bisa di konter. 

“Sementara alatnya baru dimasukkan di setiap konter yang ada biar bisa membayar secara elektronik. Tidak ada uang cash di Konter semua pakai elektronik,” kata Danny.

Bukan itu saja, hasil budidaya Lorong Wisata nantinya juga akan dijual di sekitar Konter seperti sayur organik segar, lombok dan sebagainya. 

“Kita manfaatkan sebaik mungkin ini Kontainer. Jadi kehadirannya bisa berguna bagi percepatan pelayanan pemerintah ke masyarakat,” katanya.

Baca Juga: Kontainer Makassar Recover Diubah jadi Posko Program Jagai Anakta

3. Bakal diperkenalkan ke presiden dan peserta rakernas APEKSI 2023

Warga Makassar Bisa Akses 40 Layanan Publik di Kontainer TerpaduWali Kota Makassar Danny Pomanto. IDN Times/Sahrul Ramadan

Konter akan diperkenalkan ke peserta Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas APEKSI) XVI 2023 pada 12 Juli 2023 nanti. APEKSI XVI akan berlangsung dari 10-14 Juli 2023.

Jika Presiden Joko Widodo menghadiri agenda tersebut, maka Konter juga akan diperkenalkan kepadanya. Danny mengatakan Konter merupakan upaya revitalisasi kontainer dengan fungsi yang lebih beragam. Dia juga berencana memperkenalkan revitalisasi lokasi Recover Center itu kepada para peserta APEKSI nanti.

"Akan disampaikan di APEKSI sehingga tidak ada kontainer yang tidak dimanfaatkan," kata Danny.

Baca Juga: Kontainer Makassar Recover Dijadikan Posko 41 Layanan Masyarakat

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya