Kusuma Wardhani Meninggal Dunia, Kadispora: Sulsel Berduka

Kusuma Wardhani meninggal dunia di Makassar

Makassar, IDN Times - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Selatan, Suherman, menyampaikan kesedihan yang mendalam atas meinggalnya Kusuma Wardhani. Suherman tak lain adalah rekan sesama atlet panahan dengan Kusuma.

Kusuma Wardhani merupakan satu dari Tiga Srikandi peraih medali perak pada Olimpiade Seoul 1988. Dia memohon agar masyarakat juga turut mendoakan kepergian sang legenda.

"Tentu kita masyarakat Sulawesi Selatan bahkan masyarakat Indonesia turut berdukacita atas berpulangnya ibu Kusuma Wardhani yang mana beliau adalah salah satu legend panahan Indonesia," kata Suherman saat diwawancarai IDN Times, Minggu (12/11/2023).

1. Nama harum di cabor panahan

Kusuma Wardhani Meninggal Dunia, Kadispora: Sulsel Berdukapixybay.com

Suherman mengatakan bahwa Kusuma Wardhani merupakan sosok perempuan yang tidak pernah mundur. Tekadnya itu tampak saat membina para atlet panahan yang ada di Sulawesi Selatan.

"Semoga surga tempatnya beliau. Jasadnya sudah tidak ada, namun beliau punya nama tetap harum," kata Suherman.

2. Sempat menjabat Kasubag di Biro Kesejahteraan

Kusuma Wardhani Meninggal Dunia, Kadispora: Sulsel BerdukaIlustrasi aparatur sipil negara (ASN). IDN Times/Ervan Masbanjar

Kusuma Wardhani telah tercatat sebagai PNS di Provinsi Sulawesi Selatan. Jabatan terakhir yang diembannya yaitu sebagai Kasubag di Biro Kesejahteraan Sosial Setda Sulsel.

Namun kesibukannya sebagai pegawai tak lantas membuatnya meninggalkan dunia panahan. Di sela-sela kesibukannya, dia tetap menyempatkan diri untuk membina para atlet panahan.

"Namun setiap saat beliau hadir di tengah-tengah para atlet untuk bisa bekerja sama. Beliau memberikan ilmunya untuk pembinaan panahan di Sulsel," kata Suherman.

Baca Juga: Profil Kusuma Wardhani, Peraih Medali Pertama Indonesia di Olimpiade

3. Satu dari Tiga Srikandi

Kusuma Wardhani Meninggal Dunia, Kadispora: Sulsel BerdukaKusuma Wardhani, Lilies Handayani, dan Nurfitriyana, tiga srikandi panahan peraih medali pertama untuk Indonesia di ajang Olimpiade. (Instagram/lies_archer)

Kusuma Wardhani, bersama Nurfitriyana Saiman dan Lilies Handayani menorehkan sejarah dengan menyumbang medali pertama bagi Indonesia di Olimpiade. Ketiga atlet panahan ini berhasil meraih medali perak panahan beregu Putri di Olimpiade Seoul 1988.

Mereka dijuluki Tiga Srikandi. Kisah perjuangannya lalu diangkat ke layar lebar dengan judul sama pada tahun 2016.

"Kami atas nama Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan, atas nama Perpani Sulsel, Dinas Pemuda dan Olahraga ini merasa kehilangan sosok Kusuma Wardhani yang selama ini membantu kita dalam pembinaan keolahragaan," kata Suherman.

Baca Juga: Legenda Panahan Kusuma Wardhani Dimakamkan di TPU Islam Sudiang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya