Kronologi Kebakaran KM Umsini Angkut 1677 Penumpang di Makassar

Seluruh korban dipastikan selamat dari kebakaran KM Umsini

Intinya Sih...

  • Kronologi kebakaran KM Umsini di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar diungkap oleh Plt Kepala Bagian Operasi PELNI Makassar, Nanang.
  • ABK berusaha memadamkan api yang muncul di beberapa bagian kapal sekitar pukul 05.40 Wita, dan seluruh penumpang dipastikan selamat dari kebakaran tersebut.
  • KM Umsini mengangkut 1.677 orang penumpang saat bersandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar dan penumpang yang tidak ingin melanjutkan perjalanan akan diberikan pembatalan tiket 100 persen.

Makassar, IDN Times - Plt Kepala Bagian Operasi PELNI Makassar, Nanang, mengungkap kronologi kebakaran Kapal Motor (KM) Umsini di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Minggu (9/6/2024) pagi.

Menurut Nanang, KM Umsini terbakar sesaat sebelum kapal berusia sekitar 30-an tahun itu, berangkat menuju Surabaya, Kijang, dan Jakarta.

"Jadi kronologinya kurang lebih karena kapal Umsini kan mau diberangkatkan jam 05.00 Wita, sekitar 05.30 Wita terjadi kepulauan asap di cerobong," kata Nanang.

1. Kepulan asap tebal di atas KM Umsini

Kronologi Kebakaran KM Umsini Angkut 1677 Penumpang di MakassarTangkapan layar video KM Umsini kebakaran di Pelabuhan Makassar, Minggu (9/6/2-24)/Istimewa

Nanang menjelaskan, anak buah kapal (ABK) yang bertugas di atas KM Umsini langsung berusaha memadamkan api yang muncul di beberapa bagian kapal sekitar pukul 05.40 Wita.

"Muncul kepulauan asap lagi di bagian depan D3 sampai 5 muncul kepulauan asap dan karena kapal sudah mau berangkat makanya tangga-tangga itu sudah tidak terpasang di kapal," jelas Nanang.

2. Seluruh penumpang selamat

Kronologi Kebakaran KM Umsini Angkut 1677 Penumpang di MakassarTangkapan layar video KM Umsini kebakaran di Pelabuhan Makassar, Minggu (9/6/2-24)/Istimewa

Saat peristiwa itu terjadi, tambah Nanang, tangga kapal diturunkan cepat agar para penumpang segera turun dari kapal. Seluruh penumpang pun dipastikan selamat dari kebakaran tersebut.

"Kemudian setelah itu kita koordinasi dengan pihak damkar untuk melakukan pemadaman dan alhamdulillah hanya 10 menit datang pemadamnya," kata Nanang.

Baca Juga: KM Umsini Kebakaran di Pelabuhan Makassar, 1677 Penumpang Selamat

2. Penumpang diberangkatkan dengan kapal pengganti

Kronologi Kebakaran KM Umsini Angkut 1677 Penumpang di MakassarTangkapan layar video KM Umsini kebakaran di Pelabuhan Makassar, Minggu (9/6/2-24)/Istimewa

Sebelumnya, Plt Kepala Cabang PELNI Makassar, Andi Besse Jalante, memastikan seluruh penumpang Kapal Motor (KM) Umsini yang akan melanjutkan perjalanan ke pelabuhan tujuan Surabaya, Kijang, dan Jakarta, akan diberangkatkan menggunakan kapal lain.

Andi Besse menjelaskan, KM Umsini yang mengalami kebakaran pada Minggu (9/6/2024), mengangkut 1.677 orang penumpang, saat bersandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar.

"Untuk penanganan penumpang sendiri ada yang lanjutan dan ada yang tidak ingin melanjutkan perjalanannya akan diakomodir dengan memberikan pembatalan tiket 100 persen," kata Andi Besse.

Baca Juga: Penumpang KM Umsini Diberangkatkan dengan Kapal Pengganti

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya