Di Makassar, Forum Rektor Indonesia Serukan Pemilu 2024 Aman dan Damai

Forum Rektor Indonesia sampaikan 5 poin seruan Pemilu 2024

Makassar, IDN Times - Forum Rektor Indonesia (FRI) menyerukan pemilu aman dan damai. Seruan tersebut berisi 5 poin deklarasi sebagai ajakan  menyukseskan Pemilu 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Unhas, Sabtu (3/2/2024). Deklarasi ajakan pemilu aman dan damai ini ditandatangani oleh 13 rektor dari sejumlah perguruan tinggi.

Ketua Forum Rektor Indonesia, Prof Nur Hasan, menyebutkan sejumlah poin penting dalam deklarasi itu. Semuanya berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu 2024.

"Intinya pelaksanaan pemilu 2024 itu diharapkan berlangsung damai, aman, dan merupakan pesta kita bersama agar berjalan sesuai dengan harapan kita semua, tidak ada sesuatu yang tidak kita inginkan," kata Prof Nur Hasan.

1. Menghargai kebebasan berpendapat

Di Makassar, Forum Rektor Indonesia Serukan Pemilu 2024 Aman dan DamaiPertemuan Forum Rektor Indonesia di Makassar, Sabtu (3/2/2024). Dok. IDN Times/Istimewa

Selanjutnya, Prof Nur Hasan menanggapi perihal kampus-kampus yang sedang ramai mengkritik demokrasi Presiden Joko Widodo. Menurutnya, semua pihak bebas menyampaikan pendapat.

"Sebagai wadah komunikasi lintas perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, tentu menghargai kebebasan berpendapat itu sebagai bagian dari otonomi kampus dan dijamin oleh undang-undang," katanya.

2. Berpendapat tidak boleh tendensius

Di Makassar, Forum Rektor Indonesia Serukan Pemilu 2024 Aman dan DamaiPertemuan Forum Rektor Indonesia di Makassar, Sabtu (3/2/2024). Dok. IDN Times/Istimewa

Prof Nur Hasan memandang selama kebebasan berpendapat itu masih dalam koridor akademik, objektif, didasari etika akademik, dan untuk kebaikan bangsa Indonesia, maka hal tersebut bukan masalah. Namun ada hal-hal yang memang harus dihindari.

"Yang tidak boleh jika kebebasan berpendapat sudah mengarah pada sikap tendensius, itu juga tidak boleh. Menghujat, memfitnah, menghasut yang jauh dari nilai-nilai etika akademik apalagi sampai dengan anarkis," katanya.

Dia berharap kondisi Pemilu 2024 ini berjalan aman damai, jujur, adil sesuai dengan harapan kita semua. Maka FRI mendukung itu semua. 

Baca Juga: Ramai Kampus Buat Petisi ke Jokowi, Pengamat: Semoga Presiden Paham

Di Makassar, Forum Rektor Indonesia Serukan Pemilu 2024 Aman dan DamaiPertemuan Forum Rektor Indonesia di Makassar, Sabtu (3/2/2024). Dok. IDN Times/Istimewa

3. Isi seruan pemilu aman dan damai

Adapun seruan pemilu damai dari Forum Rektor Indonesia, sebagai berikut.

  1. Mengajak segenap komponen bangsa untuk menyukseskan pemilu 2024 yang aman dan damai
  2. Menolak segala bentuk upaya provokasi yang dapat memecah belah persaudaraan serta tindakan yang menciderai pesta demokrasi
  3. Bersama-sama menangkal berita hoax dan ujaran kebencian yang dapat mengganggu jalannya Pemilu 2024
  4. Warga negara yang mempunyai hak pilih, agar menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani, dan tidak golput
  5. Kampus menjaga kondusivitas dan turut memberikan edukasi kepada komponen bangsa demi terciptanya pemilu yang jujur, adil, aman dan damai

Baca Juga: Akademisi Unhas Deklarasi Ingatkan Jokowi Tetap di Koridor Demokrasi 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya