Demo Hari Buruh di UNM Makassar Ricuh, Polisi Tangkap Pengunjuk Rasa

Polisi sempat masuk menyisir wilayah kampus UNM Makassar

Intinya Sih...

  • Aksi massa di depan Kampus UNM Makassar berujung bentrok menjelang malam
  • Massa membakar ban bekas dan menutup jalan, menyebabkan kemacetan
  • Polisi menembakkan gas air mata, mengamankan tiga mahasiswa yang diinterogasi dan dilepaskan setelah berjanji tidak mengulangi perbuatannya

Makassar, IDN Times - Aksi massa memperingati Hari Buruh Internasional di depan Kampus Universitas Negeri Makassar (UNM), Rabu (1/5/2024) sempat diwarnai bentrok. Aksi yang awalnya berjalan damai mulai bentrok ketika menjelang malam.

Massa awalnya berjalan dengan tertib setelah sebelumnya beraksi di depan gedung DPRD Sulsel. Situasi mulai panas saat massa membakar ban bekas di depan kampus UNM.

Massa juga menutup seluruh badan jalan. Akibatnya, warga tidak dapat melalui jalan sehingga terjadi kemacetan.

1. Polisi sempat masuk ke kampus

Demo Hari Buruh di UNM Makassar Ricuh, Polisi Tangkap Pengunjuk RasaPotret Universitas Negeri Makasar (image by maukuliah.id)

Aksi ricuh pun tak terelakkan. Polisi yang tiba di lokasi langsung menembakkan gas air mata ke arah massa.

Tembakan gas air mata memaksa massa berlarian. Ada yang lari masuk ke dalam kampus untuk menyelamatkan diri dari kejaran polisi. Dalam kondisi ini, polisi mengamankan tiga orang mahasiswa.

"Diamankan karena di lapangan itu dia memprovokasi dari teman-temannya," kata Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib.

2. Polisi melepas mahasiswa yang ditangkap

Demo Hari Buruh di UNM Makassar Ricuh, Polisi Tangkap Pengunjuk RasaKapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib. IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Polisi kemudian menginterogasi tiga orang tersebut. Setelah itu, mereka berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya sehingga akhirnya dilepaskan.

"Kita sudah lakukan interogasi tadi dan juga dengan korlapnya sudah kita ketemu dan mereka berjanji untuk tertib sehingga kita lebih mengutamakan manfaatnya," kata Ngajib.

Baca Juga: May Day, Kadisnaker Makassar Bagikan Bunga ke Buruh Pengunjuk Rasa

3. Aksi peringatan May Day cukup lancar dan tertib

Demo Hari Buruh di UNM Makassar Ricuh, Polisi Tangkap Pengunjuk RasaBuruh di Kota Makassar menggelar aksi unjuk rasa memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day, Rabu (152024). IDN TimesAshrawi Muin

Terlepas dari kericuhan tersebut, Ngajib mengatakan aksi peringatan May Day hari ini berlangsung tertib. Ada 15 titik lokasi aksi dan hampir tanpa kendala.

Hal yang perlu dievaluasi, kata Ngajib, karena masih ada mahasiswa yang menyampaikan aspirasi dengan cara membakar ban. Hal ini dinilai mengganggu ketertiban lalu lintas.

"Kemahasiswaan (yang ricuh). Kalau yang buruh alhamdulillah semuanya tertib," kata Ngajib.

Baca Juga: Warga Makassar Hindari Lokasi Ini, Ada Demo Buruh Besar-besaran

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya