Cerita Sopir Bus Ajak 30 Penumpang Makan di Rumah Mertua saat Lebaran

Penumpang kelaparan karena seluruh warung tutup hari Lebaran

Intinya Sih...

  • Sopir bus Borlindo, Syatir, membawa 30 penumpang ke rumah mertuanya setelah warung tutup di hari Lebaran.
  • Kisah Syatir viral di media sosial dan mendapat pujian serta kiriman uang dari orang yang terharu dengan aksinya.
  • Meski mendapat pujian, Syatir mengaku hanya mencari keberkahan dan merasa rezeki datang karena takdir Yang Maha Kuasa.

Makassar, IDN Times - Baru-baru ini, aksi terpuji dilakukan oleh seorang sopir bus. Dia adalah Syatir, pengemudi bus yang bekerja di bawah naungan PO Bus Borlindo yang viral di media sosial lantaran membawa semua penumpangnya makan ke rumah mertuanya.

Saat diwawancarai IDN Times, Kamis (17/4/2024), Syatir menceritakan kisah ini terjadi pada Rabu 14 Maret 2024 lalu. Saat itu, kondisi jalanan dan warung-warung sedang sepi karena masih hari Idul Fitri.

"Kami dari Palu mau ke Makassar. Kami tiba di Mamuju (Sulawesi Barat) itu pagi (saat lebaran). Sudah salat Idul Fitri, kami jalan. Cari warung semua tertutup," kata Syatir melalui sambungan telepon.

Baca Juga: 3 Pilihan Bus Sleeper Makassar-Palu, Bisa Rebahan Nyaman ala Sultan

1. Membawa sekitar 30 penumpang

Cerita Sopir Bus Ajak 30 Penumpang Makan di Rumah Mertua saat LebaranSopir bus PO Bus Borlindo yang viral usai mengajak seluruh penumpang rute Palu-Makassar singgah makan di rumahnya saat hari Lebaran Idul Fitri di Sulawesi Barat/Istimewa

Para penumpang bus juga tidak ada yang bersuara. Syatir pun berinisiatif membawa sekitar 30 penumpangnya menuju rumah mertuanya yang tak jauh dari lokasinya saat itu.

"Jadi kita kan semua jalan, begitu dapat di Wonomulyo, dekat rumah, saya singgah," kata Syatir.

Wonomulyo merupakan kecamatan di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat. Istri dan kedua anak Syatir juga tinggal di sana. Sebelum singgah, Syatir lebih dulu memberi tahu orang rumah perihal kedatangannya.

"Supaya orang rumah siap-siap. Penumpang juga tidak perlu menunggu lama dan langsung makan," kata Syatir.

2. Menerima kiriman uang

Cerita Sopir Bus Ajak 30 Penumpang Makan di Rumah Mertua saat LebaranSopir bus tujuan Palu-Makassar ajak seluruh penumpang makan di rumahnya saat Lebaran Idul Fitri 2024. Instagram/folkshitt

Kisah Syatir ini viral di media sosial setelah diunggah oleh salah satu penumpangnya. Atas aksinya ini, sopir yang sudah 2 tahun bekerja di Borlindo ini terus menuai pujian.

Syatir bahkan menerima kiriman uang dari orang. Dia mengaku banyak orang yang meminta nomor rekeningnya karena ingin mengirimkan uang.

"Banyak yang mau kasih tapi yang saya terima baru dua orang. Itu jumlahnya Rp4,5 juta," kata Syatir.

3. Tak ingin berbangga hati

Cerita Sopir Bus Ajak 30 Penumpang Makan di Rumah Mertua saat LebaranSopir bus tujuan Palu-Makassar ajak seluruh penumpang makan di rumahnya saat Lebaran Idul Fitri 2024. Instagram/folkshitt

Meski begitu, Syatir tak ingin berbangga hati. Apa yang dilakukannya semata-mata hanya mencari keberkahan. Persoalan ada pihak yang memberikan uang, menurutnya itu karena sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa.

"Alhamdulillah rezeki tidak ditahu. Ini viral setelah di-posting penumpang," kata Syatir.

Syatir juga menuturkan saat mereka tiba, hidangan sudah tersedia. Setelah makan, mereka tak langsung pergi melainkan sempat beristirahat sejenak. Syatir mengaku bersyukur karena respons mertuanya juga sangat positif.

"Alhamdulillah mertua senang. Sangat menyambut baik. Kita ambil berkahnya saja," kata Syatir.

Baca Juga: Penumpang Bus Rute Manado-Palu Meningkat 60 Persen Jelang Lebaran 2024

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya