Benarkah Musim Hujan 2024 Lebih Singkat? Ini Penjelasan BMKG Makassar

Musim hujan kali ini diprediksi hanya berlangsung sebentar

Makassar, IDN Times - Setelah mengalami musim kemarau dan cuaca panas cukup berkepanjangan, musim hujan akhirnya datang pada penghujung tahun 2023. Namun musim hujan kali ini diprediksi hanya berlangsung sebentar.

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Amhar Ulfiana, menjelaskan musim hujan tahun ini memang lebih singkat dibandingkan musim hujan secara normal.

"Lebih pendek dari normalnya. Berdasarkan data BMKG untuk rata-rata musim hujan di 30 tahun terakhir, 1991 sampai 2020 itu kan rata-rata awal musim hujannya di November," kata Amhar saat dihubungi IDN Times, Selasa (27/2/2024).

1. Musim hujan mundur akibat kemarau panjang

Benarkah Musim Hujan 2024 Lebih Singkat? Ini Penjelasan BMKG Makassarilustrasi hujan (pexels.com/Sitthan Kutty)

Amhar menjelaskan kondisi musim hujan berbeda-beda di setiap daerah. Namun kebanyakan musim hujan di berbagai daerah memang mundur dari perkiraan.

Misalnya daerah Makassar yang normalnya memasuki awal musim hujan pada dasarian pertama bulan November. Namun rupanya awal musim hujan mundur ke dasarian kedua.

"Kemudian ada beberapa kasus yang daerahnya awal musim kemaraunya juga maju. Jadi sehingga otomatis kalau dihitung kan panjang musimnya itu lebih pendek," kata Amhar.

2. Dipengaruhi fenomena El Nino

Benarkah Musim Hujan 2024 Lebih Singkat? Ini Penjelasan BMKG Makassarilustrasi hujan disertai angin kencang (IDN Times/Muhammad Nasir)

Amhar tak menampik bahwa singkatnya musim hujan ini dipengaruhi fenomena El Nino pada 2023. Kondisi ini mengakibatkan kekeringan panjang sekaligus menyebabkan awal musim hujan mundur.

"Sampai sekarang juga status El Nino masih modarate. Intensitasnya masih moderate sampai Februari dasarian 2 kemarin," kata Amhar.

3. Kondisi berbeda setiap daerah

Benarkah Musim Hujan 2024 Lebih Singkat? Ini Penjelasan BMKG Makassarpixabay.com

Kondisi musim hujan yang berbeda-beda tiap daerah. Ada yang durasinya lebih lama ada pula yang lebih singkat.

"Itu terhadap normalnya ada yang lebih pendek dan ada yang sama, ada juga yang lebih panjang. Kebanyakan itu dari 24 wilayah zona musim, itu lebih pendek," katanya.

Baca Juga: Tanah Longsor di Bastem, Basarnas Makassar Turunkan Tim Evakuasi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya