Bahtiar Baharuddin Resmi Dilantik Jadi Pj Gubernur Sulsel

Bahtiar Baharuddin menggantikan Sudirman Sulaiman

Makassar, IDN Times - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, resmi melantik Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar Baharuddin, sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan. Pelantikan berlangsung di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Acara pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) RI. Pelantikan ini dilaksanakan berdasarkan Keppres Nomor 74/P tahun 2023 tentang pengangkatan Penjabat Gubernur.

Kemudian, pelantikan dilanjutkan dengan mengucapkan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Mendagri Tito Karnavian.

1. Tito lantik 10 pj gubernur

Bahtiar Baharuddin Resmi Dilantik Jadi Pj Gubernur SulselMendagri Tito Karnavian melantik Pj Gubernur, Selasa (5/9/2023)/Dok. IDN Times/YouTube Kemendagri

Dalam kesempatan ini, Tito juga melantik Pj Gubernur lainnya, mereka adalah Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin. Kemudian, Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin, Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya.

Selanjutnya, ada juga Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun, Pj Gubernur NTT, Ayodhia Kalake, Pj Gubernur Kalimantan Barat Harrison Azroi, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi. Sementara Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi dilantik pada 19 September mendatang. 

Tito pun memberikan pesan-pesan kepada para Pj Gubernur yang baru saja dilantik ini. Salah satu pesannya yaitu melanjutkan kerja-kerja dari gubernur sebelumnya.

"Hal-hal yang positif dari pejabat yang lama tolong diteruskan. Kalau ada yang kurang, lakukan koreksi perbaikan dan terus membangun hubungan dengan pejabat yang lama,' kata Tito.

2. Terpilih melalui sidang TPA Pj gubernur

Bahtiar Baharuddin Resmi Dilantik Jadi Pj Gubernur SulselBahtiar Baharuddin, Dirjen Polpum Kemendagri yang ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulsel/Istimewa

Adapun Bahtiar terpilih menjadi Pj Gubernur Sulsel melalui sidang Tim Penilai Akhir (TPA) untuk gubernur di sepuluh daerah yang habis masa jabatannya pada September ini. Sidang TPA ini dipimpin langsung oleh Jokowi pada Kamis, 31 Agustus 2023.

Sebelumnya, Kemendagri bersurat kepada DPRD Sulsel untuk mengirimkamn 3 nama calon Pj namun akhirnya batal. Kemudian hanya Kemendagri hanya mengusulkan 3 nama dan diserahkan kepada presiden.

Nama-nama inilah yang dibahas lebih lanjut oleh TPA. Bahtiar pun resmi menggantikan Andi Sudirman Sulaiman yang masa jabatannya resmi berakhir hari ini, Selasa (5/9/2023).

Baca Juga: [BREAKING] Bachtiar Baharuddin Ditunjuk jadi Pj Gubernur Sulsel

3. Riwayat jabatan Bahtiar Baharuddin

Bahtiar Baharuddin Resmi Dilantik Jadi Pj Gubernur SulselMendagri Tito Karnavian (kiri) bersama Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf, dan Dirjen Polpum Kemendagri, Bachtiar Baharuddin, saat konferensi pers kegiatan di Bulukumba, Sulsle, Agustus 2023. IDN Times/Irwan Idris

Bahtiar sendiri bukanlah sosok baru di dunia pemerintah. Karirnya di pemerintahan terbilang cukup moncer. Dia pernah menjabat Kasubdit Ormas, Ditjen Kesbangpol, Kementerian Dalam Negeri pada 2010.

Bahtiar lalu dilantik sebagai Kepala Bagian Perundang-Undangan di Setditjen Polpum pada 2015. Setelahnya, Bahtiar ditunjuk sebagai Plt Direktur Politik Dalam Negeri, pada Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum di tahun 2016.

Selanjutnya, karier Bahtiar terus melejit hingga diangkat sebagai Kepala Pusat Penerangan Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri pada 2018. Lalu, pernah menjabat sebagai Plt Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum di tahun 2019, serta dipercaya menajdi Pjs. Gubernur Kepulauan Riau pada 2020.

Baca Juga: Profil Bahtiar Baharuddin Pj Gubernur Sulsel, Punya Sederet Pengalaman

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya