1.202 Petugas KPPS di Sulsel Sakit usai Bertugas, Dua Meninggal Dunia

Dua KPPS di Makassar meninggal diduga kelelahan

Makassar, IDN Times - Jumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Sulawesi Selatan yang sakit bertambah menjadi 1.202 orang. Angka ini berdasarkan data terbaru Dinas Kesehatan Sulsel, pukul 13.00 WITA, Jumat (16/2/2024).

Selain KPPS, ada juga petugas Bawaslu sebanyak 133 orang, LINMAS 148 orang, dan pemilih 592 orang. Kemudian ada petugas 110 orang, PPK 55 orang, PPS sebanyak 224 orang, dan saksi 185 orang.

Jika ditotal, maka ada 2.649 orang penyelenggara Pemilu yang jatuh sakit. Lalu, tercatat pula ada 2 orang meninggal dunia di Makassar.

Baca Juga: Viral Perempuan di Makassar Disebut Caleg Gagal Diduga Depresi

1. Tercatat 2.649 orang penyelenggara jatuh sakit

1.202 Petugas KPPS di Sulsel Sakit usai Bertugas, Dua Meninggal DuniaPetugas KPPS di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) di Makassar, Rabu (14/2/2024). (IDN Times/Aan Pranata)

Dari total 2.649 orang penyelenggara yang sakit, tercatat ada 63 orang yang dirawat di rumah sakit. Di mana 14 orang dinyatakan sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 47 orang lainnya sedang dirawat. Selanjutnya ada 3 orang yang sedang dirawat di klinik.

Sebagian besar para penyelenggara yang sakit dirawat di Puskesmas sebanyak 2.583 orang. Dari jumlah ini, masih ada 2.583 orang sedang dirawat, 5 APS, 17 orang dirujuk, dan 1.743 orang sembuh.

2. Semua anggota diberi penanganan medis

1.202 Petugas KPPS di Sulsel Sakit usai Bertugas, Dua Meninggal DuniaPolrestabes Makassar melakukan pemeriksaan kesehatan kepada ribuan petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kamis (15/2/2024). Dok. IDN Times/Humas Polrestabes Makassar

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ishaq Iskandar, mengatakan semua anggota KPPS itu telah mendapatkan penanganan medis. Rata-rata dari mereka mengalami kelelahan.

"Ada yang di Puskesmas dan di rumah sakit. Alhamdulillah bisa ditangani dengan baik," katanya, Kamis (15/2/2024).

Ishaq menjelaskan tim kesehatan terus memantau kondisi para petugas penyelenggara pemilu. Tim kesehatan akan bertugas hingga perhitungan suara pemilu selesai.

"Dengan kesiapsiagaan petugas kesehatan di daerah luar biasa mereka bekerja dengan ikhlas, lancar semuanya, ini masih ada beberapa hari lagi," kata Ishaq.

Baca Juga: Dua Petugas KPPS Pemilu 2024 di Makassar Meninggal Diduga Kelelahan

3. Tim kesehatan disiagakan untuk penyelenggara pemilu

1.202 Petugas KPPS di Sulsel Sakit usai Bertugas, Dua Meninggal DuniaPolrestabes Makassar melakukan pemeriksaan kesehatan kepada ribuan petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kamis (15/2/2024). Dok. IDN Times/Humas Polrestabes Makassar

Pemprov Sulsel melalui Dinas Kesehatan memang menyiagakan tim Satgas Kesehatan di masing-masing TPS. Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, mewanti-wanti petugas TPS untuk tetap menjaga kesehatannya.

Penyiagaan tim kesehatan di setiap TPS bertujuan untuk memberikan pertolongan pertama apabila ada petugas yang merasa kurang sehat. Petugas kesehatan juga siap melayani petugas penyelenggara pemilu maupun aparat yang bertugas.

"Semua tempat yang kita hadir, ada petugas kesehatannya. Mereka siap melayani kawan-kawan petugas penyelenggara pemilu maupun aparat yang bertugas mengawal suksesnya pemilu," kata Bahtiar.

Baca Juga: Viral Perempuan di Makassar Disebut Caleg Gagal Diduga Depresi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya