TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Iriana Mau Lewat, Demo Kawal Putusan MK di Makassar Dibubarkan Paksa

Iriana Jokowi kunjungan kerja di Makassar

Kelompok mahasiswa dari GAM Makassar menggelar unjuk rasa Kawal Putusan MK di Jalan AP Pettarani, Kamis (22/8/2024)/Istimewa

Intinya Sih...

  • Demonstrasi mahasiswa GAM di Makassar dibubarkan paksa oleh TNI-Polri karena Ibu Negara, Iriana Jokowi hendak melintas.
  • Aksi unjuk rasa sebagai respons terhadap Putusan MK Nomor 60/PPU-XXII/2024 dan Nomor 70/PPU-XXII/2024 tentang Pilkada.
  • Peserta aksi berorasi agar DPR tidak menganulir Putusan MK, namun aksi tersebut dibubarkan karena kunjungan kerja Iriana Jokowi di Makassar.

Makassar, IDN Times - Demonstrasi kelompok mahasiswa yang menamakan diri Gerakan Aktivis Mahasiswa (GAM) di Jalan AP Pettarani Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (22/8/2024) siang, dibubarkan paksa oleh aparat TNI-Polri, karena Ibu Negara, Iriana Jokowi, hendak melintas.

Aksi unjuk rasa mahasiswa GAM Makassar itu digelar sebagai respons untuk mengawal Putusan MK Nomor 60/PPU-XXII/2024 dan Nomor 70/PPU-XXII/2024 tentang Pilkada.

Peserta unjuk rasa berorasi secara bergantian dan mendesak agar DPR tidak berupaya menganulir Putusan MK.

"Putusan MK Nomor 60 dan 70 adalah keinginan rakyat. Jika DPR melakukan pembangkangan konstitusi maka itu adalah penghianatan terhadap rakyat," kata Musa salah satu orator aksi dari kelompok GAM.

Namun, dari pantauan jurnalis di lokasi aksi, unjuk rasa yang digelar dengan membakar ban tersebut tidak sampai satu jam. Aparat TNI-Polri tiba-tiba membuarkan demonstrasi mereka karena Iriana Joko Widodo diagendakan melintasi jalan yang menjadi titik aksi unjuk rasa tersebut.

Sebagai informasi, Iriana Jokowi melakukan kunjungan kerja di Makassar dengan agenda menghadiri Talkshow Sosialisasi Anti Narkoba di Four Points Hotel Makassar dan menghadiri sosialisasi pengelolaan komoditas hortikultura skala rumah tangga.

Baca Juga: Mahasiswa Makassar Demo Kawal Putusan MK: Dinasti Hancurkan Demokrasi!

Berita Terkini Lainnya