TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rekam Jejak Brigjen Faizal Ramadhani, Ka Ops Damai Cartenz 2023-2024

2023, sebanyak 33 orang anggota KKB ditangkap

Kepala Operasi (Kaops) Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol. Dr. Faizal Ramadhani, S.Sos., S.I.K., M.H. (IDN Times/Istimewa)

Intinya Sih...

  • Operasi Damai Cartenz berhasil menangkap 33 anggota KKB dan menewaskan 19 anggota KKB
  • Satgas Ops Damai Cartenz-2023 berhasil menduduki dan menguasai sebanyak 42 titik markas KKB
  • Pada tahun 2024, Satgas Ops Damai Cartenz kembali berhasil menangkap dan mengamankan anggota KKB serta melakukan pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Cartensz

Jayapura, IDN Times – Brigjen Pol. Faizal Ramadhani, yang merupakan salah satu Perwira tinggi di Kepolisian Repbulik Indonesia (Polri) memiliki catatan prestasi yang gemilang di Tanah Papua.

Sejak dipercayakan menaungi Operasi Damai Cartenz sebagai Kepala Operasi (Kaops) dari Tahun 2023-2024, telah banyak keberhasilan yang dicapainya.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz, Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno, dalam keterangannya membeberkan rangkaian keberhasilan yang dicapai oleh Satgas Ops Damai Cartenz selama kepemimpinan Brigjen Dr. Faizal Ramadhani.

Adapun rangkaian keberhasilan tersebut di antaranya sebagai berikut;

1. Evakuasi pekerja bangunan di Nduga

Pada Febuari 2023, Tim Gabungan Satgas Damai Cartenz berhasil mengevakuasi 15 pekerja bangunan yang diancam oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Dua bulan berikutnya, Satgas Damai Cartenz berhasil mengamankan 1 orang terduga KKB di wilayah Kabupaten Puncak, Papua Pegunungan.

Selain itu, Satgas Damai Cartenz gabungan TNI-Polri berhasil mengamankan 2 pucuk senjata api laras panjang dan 1 pucuk senjata laras pendek beserta ratusan butir amunisi di area Camp Simal, Kabupaten Nduga.

Pada Mei 2023, Satgas Damai Cartenz berhasil melakukan penagkapan terhadap saudara Anis Taplo yang berprofesi sebagai jaringan senjata dan amunisi di Kabupaten Pegunugan Bintang dan juga mengamankan Kopitua Heluka KKB Yahukimo yang diduga merupakan pelaku pembunuhan di Kilo 7 Lokpon, Kabupaten Yahukimo.

Berselang sebulan kemudian, Tim Gabungan Satgas Damai Cartenz dan Polres Kepulauan Yapen berhasil menggerebek dan menduduki markas KKB di Kampung Ambaidiru, Distrik Kosiwo, Kabupaten Kepulauan Yapen.

“Penggerebekan tersebut berawal dari serangkaian aksi KKB yang membakar alat berat dan pengibaran bendera bintang kejora," ujar Kombes Pol. Bayu Suseno.

2. Menggerebk markas KKB di Yahukimo

Sementara pada Agustus 2023, Satgas Damai Cartenz dan Polres Yahukimo kembali berhasil menggerebek markas KKB Kodap XVI Yahukimo pimpinan Kopitua Heluka di belakang Kantor Bupati Yahukimo dan terjadi kontak senjata dengan personel Satgas Damai Cartenz. Dalam kontak tersebut sebanyak 2 anggota KKB meninggal dunia.

Masuk pada bulan September, aparat gabungan Satgas Damai Cartenz berhasil menembak mati 2 anggota KKB yang terlibat kontak senjata dengan aparat keamanan pada 11 September 2023.

“Kontak tembak tersebut diawali dari terjadinya aksi pembakaran bangunan perumahan nakes RSUD Ilaga yang diduga dilakukan oleh KKB Puncak," terang Bayu.

Dikatakan bahwa pada akhir bulan September tepatnya pada tanggal 30 September 2023, Satgas Damai Cartenz berhasil menembak mati 5 orang anggota KKB yang bertempat di Kampung Mondusit, Disktrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang serta mengamankan 2 pucuk senjata laras panjang dan 2 pucuk senjata laras pendek.

“Brigen Pol. Faizal Ramadhani di akhir jabatannya sebagai Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz pada tahun 2023 silam berhasil menangkap 3 anggota KNPB yang merupakan terduga pembunuhan aktivis perempuan Papua Michelle Kurisi Doga di Kabupaten Jayawijaya,” tuturnya. 

Dengan demikian, selama pelaksanaan operasi, Satgas Damai Cartenz-2023 telah berhasil menangkap 33 orang anggota KKB dan menewaskan 19 anggota KKB.

Kemudian sejumlah barang bukti yang berhasil disita yakni 32 senjata, 1.279 butir amunisi, 25 magasen, 107 alat komunikasi, 31 bilah senjata tajam, dan 334 barang lainnya termasuk atribut, bendera, dan lain-lain.

Satgas Damai Cartenz-2023 juga telah berhasil menduduki dan menguasai sebanyak 42 titik markas KKB.

Lebih Lanjut, Bayu Suseno menerangkan, pada Tahun 2024, Faizal Ramadhani kembali dipercayakan untuk melanjutkan tugasnya sebagai kepala Operasi Damai Cartenz-2024.

“Dengan cara kepemimpinannya dan strategi yang begitu profesional, Operasi Damai Cartenz di Tahun 2024 mampu melampaui catatan keberhasilan di tahun sebelumnya,” kata Bayu.

3. Lima operasi pada Februari 2024

Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 Gabungan TNI Polri berhasil evakuasi jenazah Pilot Glen yg dibunuh KKB di Distrik Alama. (dok. Satgas Damai Cartenz)

Bayu menerangkan, sejak 21 Januari 2024, sebanyak 5 anggota KKB dilaporkan tewas dalam kontak tembak dengan pasukan gabungan TNI-Polri di Kabupaten Intan Jaya dan pada 23 januari 2024, Satgas Damai Cartenz-2024 Kembali menembak mati 1 anggota KKB wilayah Intan Jaya atas nama Harisatu Nambagani saat kontak tembak di Pos Tower Tigamajigi, Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

Selain itu, terdapat lima keberhasilan yang dicapai pada bulan Febuari 2024.

Pada tanggal 3 Februari 2024, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 berhasil mengamankan 3 anggota KKB di Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.

“Dalam peristiwa tersebut, 1 KKB tewas atas nama Warinus Murib dan 2 KKB lainya diamankan yakni KKB (AM) dan KKB (DK)," jelasnya.

Empat hari berselang, Satgas Ops Damai Cartenz-2024, berhasil membawa terdakwa atas nama Penihas Heluka alias Kopi Tua Heluka ke Pengadilan Negeri Wamena Kelas IIA karena terbukti secara sah terlibat dalam kasus pembunuhan terhadap Pratu Eka Johan Kaize di Perum Pemda Yahukimo dan Brigadir Usdar di depan Bank BRI unit Dekai, yahukimo.

Selanjutnya, pada 18 Februari 2024, satu anggota KKB atas nama Alenus Tabuni alias Kobuter diamanakan oleh Satgas Ops Damai Cartenz-2024 di depan Puskesmas Distrik Ilaga Kabuapten Puncak saat sedang bergabung dengan sekelompok masyarakat yang berdiri di depan Puskesmas Distrik Ilaga.

Pada 20 Februari 2024, tepatnya di Hotel Lavela In, Mimika, Satgas Ops Damai Caetenz-2024 Berhasil Mengamankan seorang anggota KKB, Epson Nirigi yang berperan sebagai penyuplai amunisi dan senjata api kepada KKB Kodap III Ndugama, Pimpinan Egianus Kogoya.

4. Merebut senjata KKB

Pada 22 Februari 2024, aparat gabungan TNI-Polri Satgas Damai Cartenz-2024 dan Satgas Yonif 7 Marinir Yahukimo melakukan penindakan di area Kali Brasa, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

“Dalam Peristiwa itu, tim gabungan berhasil melumpuhkan 1 orang yang diduga merupakan anggota KKB serta mengamankan 2 orang saksi di TKP penindakan," ungkap Bayu.

Selanjutnya pada Maret 2024, Satgas Operasi Damai Cartenz-2024, berhasil tangkap 1 anggota KKB wilayah Puncak, atas nama Jukius Tabuni (32 tahun) di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Sebulan kemudian, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 bersama Satgas Amole 2024 dan Satgas Nanggala berhasil menembak mati 2 anggota KKB wilayah Mimika yang diduga Abubakar Kogoya (ABK) dan Demianus Magay (DM) di sekitar Kali Kabur, Mile 69, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika

Pada 8 April 2024, Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz-2024 berhasil mengamankan satu orang KKB atas nama Bui Wonda alias Bossman Wenda terkait senjata dan amunisi.

Pada 11 April 2024, Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 Wilayah Yahukimo berhasil melumpuhkan 2 anggota KKB aktif kelompok Kopi Tua Heluka dan kelompok Yotam Bugiangge. Mereka adalah Afrika Heluka, anggota KKB aktif kelompok Yahukimo pimpinan Kopi Tua Heluka dan Toni Wetapo alias Toni Giban, anggota KKB aktif kelompok Yahukimo pimpinan Yotam Bugiangge.

Berita Terkini Lainnya