TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polda Papua Selidiki Pemicu Kerusuhan di Puncak Jaya

Tim dipimpin Dansat Brimob Polda Papua

Tim investigasi saat berada di Puncak Jaya, Papua Tengah. (IDN Times/Istimewa)

Intinya Sih...

  • Tim investigasi Polda Papua ke Puncak Jaya pasca kerusuhan dan penembakan terhadap masyarakat sipil pada 16 Juli 2024.
  • Keluarga korban tidak terima, melakukan pengrusakan dan pembakaran kendaraan pejabat pemerintah serta TNI-Polri, menyebabkan warga pendatang terluka bahkan meninggal.
  • Dansat Brimob Polda Papua beserta tim ditunjuk untuk melakukan investigasi langsung di tempat kejadian perkara (TKP) oleh Kapolda Papua.

Jayapura, IDN Times – Kepolisian Daerah (Polda) Papua menerjunkan tim investigasi ke Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah, untuk melaksanakan investigasi pasca kerusuhan yang terjadi pada 16 Juli 2024 lalu.

Seperti yang diketahui, pada 16 Juli 2024 lalu, telah terjadi penembakan terhadap tiga orang masyarakat sipil. Penembakan tersebut diduga dilakukan oleh aparat TNI saat melaksanakan penindakan terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB) Teranus Enumbi di Kampung Karubate, Distrik Muara.

Buntut dari penembakan tersebut, pihak keluarga tidak terima dan melakukan pengrusakan serta membakar sejumlah kendaraan milik pejabat pemerintah setempat dan TNI-Polri.

Tak hanya itu, para warga pendatang pun terkena imbasnya akibat tindakan kekerasan dari massa yang mana menyebabkan beberapa di antaranya luka-luka bahkan meninggal dunia.

Atas kejadian tersebut, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Papua, Kombes Pol. John H. S Sitanggang, beserta tim yang terdiri dari Kasatgas ODC dan Dirreskrimum Polda Papua ditunjuk oleh Kapolda Papua untuk segera melakukan investigasi di tempat kejadian perkara (TKP).

Hal itu disampaikan Dansat Brimob Polda Papua dalam keterangan pers yang diterima IDN Times pada Minggu (28/7/2024) sore.

“Hari ini, saya dan tim yang terdiri dari Pak Dirkrimum dan Kasatgas ODC diperintahkan oleh Kapolda Papua untuk melaksanakan kegiatan investigasi di Puncak Jaya pasca terjadinya kerusuhan pada tanggal 16 Juli 2024,” ujarnya, Sabtu (27/7/2024). 

Dikatakan, investigasi tersebut dilakukan untuk mengecek langsung penyebab masalah yang terjadi pada tanggal 16 Juli 2024.

"Hasilnya akan kami laporkan kepada Bapak Kapolda," tuturnya.

Baca Juga: Pesawat TNI Diterbangkan Cari Kapal Angkut BTS Kominfo Hilang di Papua

Berita Terkini Lainnya