TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jenazah Pilot Selandia Baru akan Diberangkatkan ke Jakarta

Jenazah telah masuk kargo Bandara Mozes Kilangin Timika

Jenazah pilot Selandia Baru, Glen Malcolm Conning, tiba di Kargo Bandara Mozes Kilangin, Timika, Papua Tengah. (IDN Times/Endy Langobelen)

Intinya Sih...

  • Jenazah pilot Glen Malcolm Conning dibawa ke kargo Bandara Mozes Kilangin, Timika, Papua Tengah.
  • Manajer Operasional PT Intan Angkasa Air Service menjelaskan proses pengiriman jenazah ke Jakarta dan New Zealand.
  • Pihak perusahaan akan mendampingi proses pengiriman jenazah dan belum dapat memastikan kapan pelayanan di Papua akan dilanjutkan.

Timika, IDN Times – Jenazah Glen Malcolm Conning, pilot Selandia Baru yang tewas dibunuh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), telah dibawa ke bagian kargo Bandara Mozes Kilangin, Timika, Papua Tengah, Rabu (7/8/2024).

Pantauan IDN Times, jenazah yang diangkut menggunakan mobil ambulans itu tiba sekitar pukul 09.50 WIT dan langsung dimasukan ke dalam kargo.

Manajer Operasional PT Intan Angkasa Air Service, Andriana Mahmud, menjelaskan jenazah pilot akan diterbangkan ke Jakarta menggunakan pesawat Garuda melalui Sentani.

"Jadi, dari Timika ke Sentani, lalu ke Jakarta. Sampai di Jakarta, nanti dari Jakarta yang mengurus semua pengirimannya ke New Zealand," terang Andriana saat ditemui di Kargo Bandara Mozes Kilangin.

"Untuk pengurusan jenazah itu tidak bisa pribadi kalau ke luar negeri, harus ada pihak ketiga seperti perusahaan yang mengurusnya. Nanti Kedutaan Besar juga bakal turun tangan karena dokumentasi kan harus dari Kedutaan Besar," imbuhnya.

Andriana menyebut, pihaknya pun akan turut mendampingi jenazah selama pengiriman berlangsung.

"Tapi ini belum tahu berangkat jam berapa, hari ini atau besok, belum tahu. Saya belum tahu juga berapa orang yang dampingi, tapi yang pasti ada," tuturnya.

Sementara itu, perihal helikopter yang masih berada di Distrik Alama, Andriana mengatakan akan diurus setelah proses pengiriman jenazah selesai.

"(Evakuasi helikopter) itu belum. Kami sekarang masih fokus ke jenazahnya dulu. Nanti setelah itu, baru kami bicarakan. Ini kan hanya masalah barang saja. Helinya juga kelihatan masih utuh," katanya.

Lebih lanjut Andriana menyampaikan bahwa pilot Glen Malcolm Conning telah bertugas melayani masyarakat di Papua sejak tahun 2016.

"Dia kan baru kembali cuti, kurang lebih ada satu tahun baru kejadian ini. Tapi kalau tugas di Timika dia sudah dari tahun 2021. Kalau pelayanan untuk Papua secara keseluruhan dari 2016," jelasnya.

Saat ditanya terkait bagaimana pelayanan ke depan setelah peristiwa ini, Andriana menyatakan pihaknya belum bisa memastikan.

"Tergantung ya, kalau dari kebutuhan masyarakat memang ada tapi balik lagi tergantung masalah keamanan semuanya. Jadi, kami nggak bisa menentukan kapan mulai memberikan pelayanan lagi, kami belum tahu," kata Andriana.

Dikatakan bahwa selama ini, pelayanan yang dilaksanakan oleh PT Intan Angkasa Air Service tidak pernah mendapat gangguan keamanan.

"Sudah satu tahun ini tidak ada masalah kami bolak-balik Alama, itu kan ada bikin Puskesmas baru, terus antar bantuan. Sejauh ini, tidak ada masalah, baru kali ini," ungkapnya.

Baca Juga: Jenazah Pilot Selandia Baru dan Helikopter Utuh, Tak Ada Tanda Dibakar

Berita Terkini Lainnya