TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jayapura Bakal Jadi Tuan Rumah Kompetisi Rap Terbesar se-Tanah Papua

Sejumlah rapper legend Papua akan turut hadir

Flyer event Papua Baribut Big Party 2024. (IDN Times/Istimewa)

Intinya Sih...

  • Kota Jayapura menjadi tuan rumah kompetisi rap terbesar se-Tanah Papua, Papua Baribut Big Party 2024
  • Rapper dari berbagai kota dan kabupaten di Papua akan bertanding dalam ajang battle rap yang dinilai oleh juri nasional
  • Pendahulu komunitas rap di Papua akan tampil dengan single Legend Anthem, sebagai bagian dari gerakan hip-hop rap Papua Baribut

Jayapura, IDN Times – Kota Jayapura bakal menjadi saksi kompetisi rap terbesar se-Tanah Papua yang dikenal dengan sebutan Papua Baribut Big Party 2024 pada tanggal 21—22 Agustus mendatang.

Sejumlah rapper perwakilan dari berbagai kota dan kabupaten seluruh Papua yang telah lolos penjaringan Terrtory Radar akan dipertemukan dan saling beradu skil dalam memainkan rima serta flow pada ajang battle rap yang bakal dinilai langsung oleh Laze, seorang bintang tamu juri nasional.

Tak hanya itu, Papua Baribut Big Party 2024 pun turut memberikan ruang panggung yang seluas-luasnya bagi para rapper lintas generasi di Papua untuk mempromosikan karya-karyanya.

Para pendahulu komunitas rap di Papua yang sejak lama telah berhenti berkarya seperti Stars East, The Police, Dollar Blacit, Ojhem S.L.I.K, dan Randy Moozza juga akan kembali mengguncang panggung Papua Baribut Big Party 2024 dengan sebuah single Legend Anthem.

Untuk diketahui, Papua Baribut merupakan sebuah movement hip-hop rap yang didirikan dan dikembangkan oleh seorang penyanyi rapper berprestasi asal Papua yakni Epo D'Fenomeno.

Sosok yang bernama asli Onesias Chelvox Urbinas itu memang sangat gencar dan bersemangat dalam mengembangkan kultur rap menjadi industri hiburan di Tanah Papua.

Kepada IDN Times, pemilik label musik Rum Fararur itu menjelaskan bahwa Papua Baribut mulai tumbuh dan mengakar di Kota Jayapura sejak Februari 2016.

Papua Baribut kini telah berkeliling ke beberapa kota dan kabupaten di seluruh Papua Raya untuk menjaring potensi rapper-rapper lokal berkualitas melalui program Territory Radar.

"Setelah berjalan 9 tahun, Papua Baribut memasuki Papua Baribut Big Party 2024 level battle yang akan mempertemukan rapper dari kota/kabupaten se-Tanah Papua. Masing-masing akan mengirimkan perwakilan dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, Timika, Asmat, Merauke, Sorong, dan Manokwari," jelasnya via WhatsApp.

Sosok penyanyi rap yang telah memiliki ratusan karya lagu itu menyebut, gerakan hip-hop rap Papua Baribut ini bertujuan untuk mengorbitkan personal branding dari para rapper di Papua sekaligus menjadi pendorong bagi generasi muda untuk lebih memperkaya literasi.

"Ini menjadi pendorong bagi generasi muda dalam memperkaya literasi baik dari para pelaku untuk menunjang penulisan lirik untuk kebutuhan kompetisi battle, maupun bagi para penonton untuk mencerna tiap lirik yang dilontarkan dari para pelaku rap di setiap kompetisi," pungkasnya.

Sebagai informasi, Papua Baribut Big Party 2024 level battle bakal berlangsung selama dua hari dari tanggal 21—22 Agustus 2024, di PTC Waterpark Entrop, Kota Jayapura, Papua.

Bagi kalian para pencinta genre musik rap dan hip-hop wajib datang dan menyaksikan langsung bagaimana talenta-talenta rapper Papua menunjukkan kebolehannya.

Baca Juga: 7 Oleh-oleh Khas Jayapura yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Berita Terkini Lainnya