TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dikepung Mahasiswa, Ketua DPRD Sulsel Janji Kawal Putusan MK

Demonstran jebol pagar gedung

Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika saat menemui mahasiswa peserta demonstrasi, Kamis (22/8/2024). IDN Times/Faisal Mustafa

Intinya Sih...

  • DPRD Sulsel akan mengawal aspirasi mahasiswa terkait penolakan hasil rapat Panja Badan Legislasi DPR RI.
  • Mahasiswa menuntut DPRD Sulsel untuk menepati janji, dengan ancaman aksi lebih besar jika tidak dilakukan.
  • Kapolrestabes Makassar menyatakan pihaknya telah melakukan upaya persuasif dalam mengamankan dan melayani pendemo.

Makassar, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan menjamin akan mengawal aspirasi tentang penolakan terhadap hasil Rapat Panita Kerja (Panja) Badan Legislasi DPR RI yang membahas pengambilan keputusan terhadap hasil Revisi Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah.

Janji wakil rakyat ini disampaikan oleh Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari di depan ribuan mahasiswa yang berdemo di kantornya, Kamis (22/08/2024) sore. Mahasiswa dari berbagai kampus di Makassar itu telah menanti perwakilan DPRD sejak Pukul 16.00 WITA, bahkan menjebol pintu kantor yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo ini.

“Saya mewakili seluruh pimpinan dan seluruh anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Insha Allah akan mengawal apa yang adik-adik sampaikan dan inginkan. Tentunya apa yang disampaikan adik-adik sama dengan apa yang kami harapkan. Suasana batin ada sama dengan suasana batik saya, yakin dan percaya semua perjuangan adik-adik mendapat rahmat dan Ridho dari Allah SWT,” kata Andi Ina Kartika.

Namun, mahasiswa meminta agar DPRD Sulsel untuk menepati janjinya. Para pendemo itu mengancam jika aspirasi mereka tak disampaikan maka akan ada aksi yang lebih besar.

Ihwal pintu kantor DPRD Sulsel yang dijebol pendemo, Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib mengatakan, pihaknya telah melakukan upaya persuasif dalam mengamankan dan melayani pendemo. “Karena mereka (pendemo) janji untuk tertib ternyata begitu (pintu dijebol). Walaupun masuk ke gedung DPRD semuanya tetap berjalan dengan aman dan kondusif,” ujarnya.

Dia mengaku belum ada laporan atau informasi perihal izin untuk aksi serupa esok harinya. “Harapan kami tentu jangan ada aksi susulan lagi. Namun, tentu kami mempersiapkan diri memberikan pelayanan dan pengamanan kepada mereka,” jelas Ngajib.

Baca Juga: Pendemo Jebol Pintu-Tembok DPRD Sulsel, LBH: Rakyat Pemilik Kekuasaan

Berita Terkini Lainnya