TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

1.407 Pendaki Bakal Rayakan HUT RI di Gunung Bawakaraeng Gowa

Pendaki diimbau jaga kebersihan

Puncak Tallung di kawasan Gunung Bawakaraeng (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Makassar, IDN Times - Petugas gabungan dari Polri, SAR, dan Pemerintah Kabupaten Gowa mencatat ada ribuan warga yang bakal memadati Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) yang dirayakan setiap 17 Agustus.

Hingga Jumat, 16 Agustus 2024, petugas mencatat sebanyak 1.407 pendaki telah tiba di kawasan Gunung Bawakaraeng. Mereka memasuki kawasan lewat jalur Lembanna, Bulubalea, dan Tassoso. “Personel Polri dibantu SAR dan yang lainnya siap mengamankan pendakian,” kata Kapolsek Tinggimoncong, Iptu Anwar kepada wartawan, Jumat (16/8/2024).

1. Cara menunjukan kecintaan kepada alam Indonesia

Menurut Anwar, setiap tahunnya pihaknya memang selalu memberikan pengamanan untuk setiap pendaki. “Mungkin besok akan lebih banyak lagi, mengingat tahun kemarin tembus 2000-an lebih pendaki yang naik,” katanya.

Menurut Anwar, ribuan pendaki perlahan datang di kawasan gunung berketinggian  2.845 mdpl dari permukaan laut itu sejak Kamis (15/8/2024). “Sejumlah personel telah ditempatkan di beberapa titik jalur pendakian untuk memantau dan membantu para pendaki,” tuturnya.

2. Ormas turut membantu

Dia melanjutkan, selain personel kepolisian dan SAR, sejumlah organisasi masyarakat dan pemuda sekitar juga ikut membantu mengawal serta memastikan keselamatan dan kenyamanan para pendaki yang akan mengikuti kegiatan tersebut.

Pihak kepolisian juga telah berkoordinasi dengan tim medis, relawan, dan unsur Sar untuk menghadapi kemungkinan kondisi darurat. "Di pos sudah ada bagiannya yang disiapkan, termasuk SAR Gabungan juga sudah ada disiapkan. Ada beberapa dari Ormas juga sudah siap membantu di sana," papar Anwar.

Baca Juga: Remaja Perempuan Hipotermia saat Mendaki Gunung Bawakaraeng

Berita Terkini Lainnya