TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PSI Serahkan Surat Rekomendasi untuk 20 Bakal Cakada di Sulsel

PSI usung Andi Sudirman-Fatmawati di Pilgub Sulsel 2024

Ketua DPW PSI Sulsel, Muhammad Surya, memberikan sambutan saat penyerahan surat rekomendasi ke cakada di Hotel Claro, Makassar, Selasa (2972024). IDN Times/Asrhawi Muin

Intinya Sih...

  • PSI serahkan surat rekomendasi kepada 20 bakal cakada di Sulsel
  • Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, serahkan langsung surat rekomendasi tersebut
  • Rekomendasi diberikan kepada 1 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur serta 19 bakal calon bupati dan wali kota

Makassar, IDN Times - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyerahkan surat rekomendasi kepada 20 bakal calon kepala daerah (cakada) dan calon wakil kepala daerah (cawakada) di Sulawesi Selatan (Sulsel). Penyerahan surat rekomendasi digelar di Sandeq Ballroom Hotel Claro, Makassar, Selasa (30/7/2024).

Surat rekomendasi itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep. Penyerahan ini disaksikan para pengurus, anggota, dan simpatisan PSI dari berbagai daerah di Sulsel.

Surat rekomendasi diberikan kepada 1 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Selebihnya, 19 bakal calon bupati dan wali kota.

1. PSI dukung pasangan Sudirman-Fatma

Ketua DPW PSI Sulsel, Muhammad Surya, menjelaskan bahwa rekomendasi diberikan kepada 19 cakada tingkat kabupaten dan kota karena ada DPD PSI yang tidak aktif. Sebagai informasi, Sulsel terdiri dari 24 kabupaten dan kota.

"Sejauh ini kami mempunyai DPD di kabupaten kota di Sulsel yang pengurusnya tidak aktif dan sedang lowong. Karena kami fokus menghadiri pencalegan maka pengukuhan DPD yang aktif dan tidak aktif dan lowong tidak kami prioritaskan," kata Surya.

2. Alasan PSI dukung Sudirman-Fatma

Untuk Pilgub, PSI menyerahkan surat rekomendasi dukungan kepada pasangan Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi. Surya menyatakan figur yang didukung PSI adalah yang diusung oleh Partai NasDem.

Dia mengaku sempat bertemu dengan Ketua DPW Partai NasDem Sulsel, Rusdi Masse (RMS). Surya menuturkan bahwa saat itu, RMS menyebut calon yang diusung NasDem juga didukung PSI.

"Pasangan calon yang akan menerima dukungan dari PSI harus juga telah mendapatkan rekomendasi dan dukungan dari Partai NasDem sebelumnya. Saya berpikir mungkin surat dukungan PSI ada kaitannya dengan cerita RMS," kata Surya.

Sebagai informasi, NasDem merupakan parpol pertama yang merekomendasikan dan mendeklarasikan pasangan Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi. Fatma juga merupakan istri dari RMS.

Baca Juga: Waketum PPP Tak Mau Kotak Kosong di Pilgub Sulsel

Berita Terkini Lainnya