TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

RS Otak dan Jantung Bertaraf Internasional di Makassar Segera Rampung

Progres pembangunan sudah 78 Persen

RSV OJK bertaraf internasional di Makassar, siap diresmikan. (Dok. Istimewa)

Makassar, IDN Times - Pembangunan Rumah Sakit Vertikal (RSV) Otak, Jantung, dan Kanker Makassar di Kawasan Center Point of Indonesia (CPI) sudah mencapai 78 persen. Pemprov Sulsel menargetkan RSV OJK bertaraf internasional kedua di Indonesia ini diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Agustus mendatang.

"Rumah sakit ini dirancang dengan konsep kelas dunia dan hanya ada dua di Indonesia. Satunya lagi ada di Surabaya. Ini patut menjadi kebanggaan dan benar-benar semakin mengukuhkan posisi Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan sebagai hub Kawasan Indonesia Timur," kata Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin saat meninjau RS tersebut, Selasa (14/05/2024).

1. Dilengkapi fasilitas mutakhir

Bahtiar bilang, rumah sakit yang sedang dibangun ini adalah hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan Kementerian Kesehatan, dengan lahan hibah dari Pemprov Sulsel. "Rumah sakit ini dirancang dengan konsep kelas dunia dan juga mendukung konsep pariwisata medis yang berkembang di negara maju," jelasnya.

Dia menerangkan, rumah sakit ini akan menjadi yang terbaik dengan fasilitas yang dimilikinya. Di antaranya untuk kanker seperti, Cyclotron juga ada, memiliki peran penting dalam pengobatan penyakit kanker melalui produksi radioisotop yang digunakan dalam prosedur diagnostik dan terapi.

Penggunaan cyclotron dalam pengobatan kanker menandai kemajuan signifikan dalam teknologi medis nuklir, memberikan harapan baru bagi pasien kanker untuk mendapatkan diagnosis yang lebih akurat dan perawatan yang lebih baik.

2. Diharap jadi superhub Kawasan Indonesia Timur

Bahtiar mengharapkan RSV OJK Makassar dapat menjadi superhub pelayanan kesehatan spesialis di Indonesia, sekaligus pusat pelayanan paripurna, pendidikan, dan penelitian. Fasilitas lain yang dimiliki RSV OJK Makassar yakni dermaga dan helipad.

Saat ini, kata dia Pemprov Sulsel bertanggung jawab menyelesaikan akses jalan dan pedestrian ke Rumah Sakit. "Tadi ada aspirasi dari Kemenkes untuk lahan parkir. Dan itu kita sudah siapkan. Kami akan maksimalkan Kawasan ini sehingga pada saat diresmikan aspek jalan terpenuhi," ucapnya.

Baca Juga: Walhi Sulsel Sebut Reklamasi Lanjutan CPI di Pulau Lae-Lae Sesat Pikir

Berita Terkini Lainnya