Viral Percikan Api di Mesin Pesawat Garuda Rute Makassar-Madinah

Pesawat Garuda angkut 450 Calon Jemaah Haji asal Gowa

Intinya Sih...

  • Pesawat Garuda Indonesia kembali ke landasan karena kendala teknis setelah lepas landas.
  • Sebanyak 450 calon Jemaah haji asal Gowa serta 18 awak pesawat dievakuasi dengan aman.
  • Pilot memutuskan RTB setelah melihat percikan api pada mesin pesawat Boeing 747 tersebut.
  • Pesawat Garuda Indonesia kembali ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar setelah mengalami kendala teknis saat penerbangan haji kloter lima.
  • Kondisi mesin pesawat mengalami percikan api setelah lepas landas, sehingga pilot memutuskan untuk Return to Base (RTB).
  • Proses pendampingan calon jemaah menuju asrama melibatkan stakeholder kebandarudaraan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang.

Makassar, IDN Times - Pesawat Garuda Indonesia yang ditumpangi 450 calon Jemaah haji asal Kabupaten Gowa terpaksa harus Return to Base (RTB) atau Kembali ke landasan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Rabu (15/05/2024) sekitar Pukul 17.07 WITA.

Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura 1 Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Taufan Yudhistira mengatakan pesawat kode penerbangan GA-1105 rute Makassar - Madinah lepas landas sekitar Pukul 15.30 WITA dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulazis, Madinah pada Pukul 21.10 LT.

"Penerbangan tersebut merupakan penerbangan haji kloter lima yang dilayani oleh Garuda Indonesia. Penerbangan yang mendarat kembali di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar karena mengalami kendala teknis. Seluruh penumpang dan awak pesawat mendarat aman dan selamat," jelas Taufan.

"Selanjutnya jamaah haji tersebut langsung dibawa menuju ke Asrama Haji Sudiang untuk pelayanan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sulawesi Selatan dan Garuda Indonesia," tambah Taufan.

1. Didapati adanya percikan api di salah satu mesin pesawat

Viral Percikan Api di Mesin Pesawat Garuda Rute Makassar-MadinahPercikan api tampak dari mesin Pesawat Garuda Indonesia rute Makassar-Madinah, Rabu (1552024)/Istimewa

Menurut Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, keputusan RTB diambil oleh pilot lantaran melihat kondisi mesin yang mengalami kendala tidak lama setelah lepas landas.

"Diketahui ada percikan api pada salah satu mesin," tulisnya dalam keterangan resmi.

2. Penerbangan menunggu kesiapan pesawat pengganti

Viral Percikan Api di Mesin Pesawat Garuda Rute Makassar-MadinahPercikan api tampak dari mesin Pesawat Garuda Indonesia rute Makassar-Madinah, Rabu (15/2024)/Istimewa

Dia melanjutkan, selain 450 calon Jemaah haji, terdapat 18 awak pesawat di atas pesawat Boeing 747 itu.

"Seluruh penumpang dan awak pesawat akan Kembali diberangkatkan secepatnya mengacu pada kesiapan pesawat pengganti," tuturnya

3. Pihak Garuda minta maaf

Viral Percikan Api di Mesin Pesawat Garuda Rute Makassar-MadinahPercikan api tampak dari mesin Pesawat Garuda Indonesia rute Makassar-Madinah, Rabu (1552024)/Istimewa

Dia melanjutkan, proses pendampingan calon jemaah menuju asrama turut melibatkan stakeholder kebandarudaraan terkait guna memastikan aspek keselamatan dan kenyamanan para penumpang terjaga dengan baik.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi kepada seluruh Jemaah haji pada penerbangan tersebut dan juga Kementerian Agama RI selaku penyelanggara haji," ungkap Irfan.

Garuda Indonesia tengah melakukan koordinasi intensif kepada pihak-pihak terkait guna memastikan tindak lanjut penanganan jamaah untuk dapat kembali melanjutkan perjalanan.

Kontributor: Faisal Mustafa

Baca Juga: Viral Mati Lampu di Bandara Hasanuddin, Ini Penjelasan Angkasa Pura 1

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya