[FOTO] Banjir Bandang Melanda Sejumlah Kecamatan di Konawe Utara

Bencana ini membuat lebih dari 3 ribu jiwa terdampak

Intinya Sih...

  • Curah hujan tinggi di Sulawesi Tenggara menyebabkan banjir bandang melanda tujuh kecamatan di Kabupaten Konawe Utara.
  • Sebanyak 923 kepala keluarga dan 3.121 jiwa terdampak banjir, dengan kerugian materiil berupa rumah, lahan pertanian, fasilitas umum, dan akses mobilitas warga.
  • Status tanggap darurat berlaku di Kabupaten Konawe Utara hingga 23 Mei mendatang akibat bencana banjir bandang tersebut.

Makassar, IDN Times - Curah hujan tinggi yang terjadi di Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebabkan Sungai Lasolo dan Sungai Lalindu meluap. Alhasil, banjir bandang melanda tujuh kecamatan di Kabupaten Konawe Utara sejak Jumat (3/5/2024) pekan lalu. masih Antara lain Kecamatan Langgikima, Landawe, Wiwirano, Oheo, Asera, Andowia serta Molawe.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tercatat sebanyak 923 kepala keluarga (KK) dan 3.121 jiwa terdampak banjir di daerah Kabupaten Konawe Utara. Pendataan juga masih dilakukan pada pengungsi lainnya hingga pekan ini.

Berikut ini foto-foto keadaan terkini banjir di Konawe Utara seperti dihimpun oleh IDN Times.

1. Banjir luapan Sungai Lasolo di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, turun merendam area persawahan. Salah satunya yakni yang berada di Kecamatan Asera dan masih belum surut

[FOTO] Banjir Bandang Melanda Sejumlah Kecamatan di Konawe UtaraFoto udara persawahan teredam banjir luapan Sungai Lasolo di Kecamatan Asera, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Minggu (12/5/2024). ANTARA FOTO/Jojon/rwa.

2. Berdasarkan data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), tercatat ada sebanyak 125 hektare tanaman padi terendam banjir bandang luapan Sungai Lasolo dan Sungai Lalindu

[FOTO] Banjir Bandang Melanda Sejumlah Kecamatan di Konawe UtaraSeorang petani menunjukkan tanaman padinya yang terendam banjir bandang luapan Sungai Lasolo di Kecamatan Asera, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Minggu (12/5/2024). ANTARA FOTO/Jojon/rwa.

3. Sejumlah rumah warga yang berada di Desa Labungga, Kecamatan Andowia, Konawe Utara, masih terendam banjir hingga hari Minggu (12/5/2024)

[FOTO] Banjir Bandang Melanda Sejumlah Kecamatan di Konawe UtaraFoto udara permukiman warga terendam banjir luapan Sungai Lasolo di Desa Labungga, Kecamatan Andowia, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Minggu (12/5/2024). ANTARA FOTO/Jojon/rwa.

4. Meluapnya Sungai Lalindu juga menyebabkan lalu lintas Jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Sulawesi Tenggara harus tersendat

[FOTO] Banjir Bandang Melanda Sejumlah Kecamatan di Konawe UtaraFoto udara permukiman warga terendam banjir luapan Sungai Lasolo di Desa Labungga, Kecamatan Andowia, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Minggu (12/5/2024). ANTARA FOTO/Jojon/rwa.

5. BPBD turut mengidentifikasi ada dua desa yang terisolir akibat banjir bandang luapan Sungai Lalindu dan Sungai Laosolo. Masing-masing yakni Desa Padalere di Kecamatan Wiwirano dan Desa Aseminunulai di Kecamatan Asera

[FOTO] Banjir Bandang Melanda Sejumlah Kecamatan di Konawe UtaraFoto udara rumah terendam banjir luapan Sungai Lasolo di Desa Labungga, Kecamatan Andowia, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Minggu (12/5/2024). ANTARA FOTO/Jojon/rwa.

6. Seorang membawa buah melintasi banjir luapan Sungai Lasolo di Desa Puwanggudu, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara. Beberapa sudah ada yang kembali ke rumah meski masih banyak bertahan di pengungsian

[FOTO] Banjir Bandang Melanda Sejumlah Kecamatan di Konawe UtaraWarga membawa buah melintasi banjir luapan Sungai Lasolo di Desa Puwanggudu, Kecamatan Asera, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Minggu (12/5/2024). ANTARA FOTO/Jojon/rwa.

7. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sendiri melaporkan sebanyak 3.121 warga terdampak banjir yang tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Konawe Utara

[FOTO] Banjir Bandang Melanda Sejumlah Kecamatan di Konawe UtaraWarga melintasi tenda pengungsi banjir di Kecamatan Andowia, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Minggu (12/5/2024). ANTARA FOTO/Jojon/rwa.

Baca Juga: Viral Buaya Dibunuh di Kabupaten Konawe, Kepala BKSDA Sultra Geram

8. Para pengungsi dan BPBD Konawe Utara masih waspada lantaran adanya peringatan dini BMKG terkait cuaca di wilayah Sulawesi Tenggara hingga tanggal 15 Mei 2024

[FOTO] Banjir Bandang Melanda Sejumlah Kecamatan di Konawe UtaraSejumlah warga korban banjir luapan Sungai Lasolo mengungsi di tenda di Desa Puwanggudu, Kecamatan Asera, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Minggu (12/5/2024). ANTARA FOTO/Jojon/rwa.

Dampak banjir bandang di Konawe Utara juga mencakup kerugian materiil berupa 729 rumah yang terendam serta luas lahan pertanian dan perkebunan seluas 327,7 hektar. Selain itu, fasilitas umum seperti dua tempat ibadah dan satu jembatan ikut terdampak. Satu sekolah dasar di Desa Laronganga juga ikut terendam.

Lebih jauh, Jalan Trans Sulawesi yang berada di Desa Sambandete, Kecamatan Oheo terendam banjir hingga ketinggian 1 meter. Ini membuat akses mobilitas warga terputus. Pemerintah Kabupaten Konawe Utara sendiri sudah menetapkan status tanggap darurat berlaku dari hari Kamis (9/5/2024) lalu hingga 23 Mei mendatang.

Baca Juga: Guru di Konawe Selatan Dikeroyok Siswa, Tiga Orang Jadi Tersangka

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya