Pilpres Selesai, Polda Sulsel Tarik 1 SSK Brimob dari Jakarta 

Brimob Sulsel ikut membantu pengamanan di KPU dan Bawaslu

Makassar, IDN Times - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel) memulangkan 1 satuan setingkat kompi (SSK) atau 100 personel anggota Brimob-nya, yang sebelumnya dikirim ke Jakarta, untuk membantu pengamanan pembacaan hasil Pilpres oleh KPU dan pengamanan sidang gugatan Pilpres di Mahkamah Konstitusi.

Kedatangan personel Brimob Polda Sulsel Detasemen C Bone ini disambut secara resmi dengan upacara penyambutan khas Polri yang dipimpin Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin, di Mapolda Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan KM 16, Makassar, Rabu (3/7).

Irjen Hamidin menyambut pasukan Brimob Sulsel dengan mengalungkan bunga pada Komandan Satgas Brimob BKO Jakarta, Kompol Nur Ichsan, yang turut disaksikan para pejabat utama Polda Sulsel.

Baca Juga: Kirim Tim, Kapolda Sulsel: Jangan Arogan dan Menyakiti Warga Papua

1. Kapolda Sulsel bangga pada pengabdian anggota Brimob

Pilpres Selesai, Polda Sulsel Tarik 1 SSK Brimob dari Jakarta Humas Polda Sulsel

Irjen Hamidin menegaskan rasa bangganya pada anggota Brimob Polda yang mengemban tugas mengamankan tahapan akhir dari Pilpres selama lebih dari 2 bulan, yang sempat diwarnai bentrokan dengan pendukung salah satu Capres, di sekitar kantor KPU dan Bawaslu, Jakarta. Para personel Brimob Polda Sulsel ini bergabung bersama pasukan Brimob dari daerah lain, yang berkoordinasi dengan Mabes Polri dan Polda Metro Jaya. 

“Saya sangat bangga, atas prestasi yang kalian capai selama 2 bulan penugasan, kalian telah menunjukkan dedikasi dan pengabdian yang tinggi pada negara. Saya pribadi, dan keluarga besar Polda Sulsel menyampaikan selamat datang dan selamat kembali ke kesatuan dan berkumpul kembali dengan keluarga,” ungkap Hamidin.

2. Kapolda berharap anggota Brimob yang sudah dikirim pengamanan ibu kota makin profesional

Pilpres Selesai, Polda Sulsel Tarik 1 SSK Brimob dari Jakarta Humas Polda Sulsel

Hamidin mengharapkan seluruh anggota Brimob Sulsel yang pernah dikirim untuk Bantuan Kendali Operasi (BKO) di ibu kota, bisa makin profesional dan menjadikan keberhasilan tugasnya sebagai landasan untuk menyongsong tugas-tugas berikutnya dari negara, yang bisa jadi makin berat dan makin kompleks persoalannya.

“Kalian harus bersyukur telah menjalankan tugas, hindari rasa sombong dan tinggi hati, segala upaya manusia tidak ada yang sempurna, jadikan tugas ini sebagai landasan untuk tugas-tugas berikutnya yang makin berat dan kompleks,” pungkas Hamidin.

3. Pekan lalu, Polda Sulsel kirim 1 SSK bantu pengamanan di Papua

Pilpres Selesai, Polda Sulsel Tarik 1 SSK Brimob dari Jakarta Humas Polda Sulsel

Polda Sulawesi Selatan sebelumnya mengirimkan 1 satuan setingkat kompi (SSK) atau setara 120 personel Brimob untuk membantu Polda Papua melakukan pengamanan di sekitar Puncak Jaya, daerah yang sering menjadi target serangan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Upacara pelepasan Bantuan Kendali Operasi (BKO) 120 personel Brimob ini dipimpin langsung Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin di lapangan Mapolda Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan KM 16, Makassar, Senin (24/6).

Personel Brimob Polda Sulsel yang di-BKO ke Papua terdiri dari Batalyon A Makassar sebanyak 35 personel, Batalyon B Parepare sebanyak 50 personel, dan Batalyon C Bone sebanyak 35 personel. Seluruh personel akan dipimpin AKP Burhanuddin, yang merupakan Komandan Kompi Organik Kompi B Brimob Sulsel. 

Baca Juga: Resmob Polda Sulsel Tembak Pelaku Begal Pembawa Golok

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You