Pertamina Sulawesi Gelar Kompetisi Keselamatan Kesehatan Kerja

Stakeholder Pertamina diharapkan sigap dan siaga bencana

Makassar, IDN Times - Maraknya bencana alam yang terjadi di Indonesia, membuat Pertamina dan seluruh stakeholdernya harus selalu siap siaga bilamana terjadi bencana. 

Seperti peristiwa gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah September 2018 lalu, Terminal BBM Pertamina di Donggala ikut tersapu tsunami. Meski demikian tidak ada korban jiwa dari pegawai Pertamina saat peristiwa tsunami terjadi. 

Terkait hal tersebut, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi menggelar kompetisi kesigapan pekerja di lingkup Pertamina dalam menerapkan budaya Kesehatan, Keamanan, Keselamatan Lingkungan Kerja atau Health Safety Security Environment (HSSE), di kantor Pertamina MOR VII Sulawesi di jalan Garuda, Makassar, Kamis (7/2/2019).

1. Peringatan bulan keselamatan dan kesehatan kerja

Pertamina Sulawesi Gelar Kompetisi Keselamatan Kesehatan Kerjamarketscreener.com

General Manager Pertamina MOR VII, Werry Prayogi menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Bulan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) Nasional yang bertema Ewako Super Challenge 2019.

“Karyawan Pertamina MOR VII harus siap dan sigap mengelola kondisi bahaya, karena Sulawesi merupakan pulau yang cukup rawan bencana. Di sisi lain, kegiatan operasi Pertamina juga beresiko tinggi, jadi harus menerapkan budaya HSSE,” ujar Werry.

2. Pertamina Sulawesi gelar simulasi penyelamatan di ruang berasap

Pertamina Sulawesi Gelar Kompetisi Keselamatan Kesehatan KerjaPertamina Sulawesi

Dalam kegiatan HSSE Ewako Super Challenge 2019 ini stakeholder Pertamina diuji pengetahuan dan kemampuannya dalam menerapkan budaya keselamatan dan kesehatan kerja, seperti proses penyelamatan di ruang berasap dan proses Bantuan Dasar Hidup (BDH) pada korban saat terjadi insiden.

“Tantangan ini diangkat dari pelajaran beberapa insiden besar, misalnya isolasi energi dan insiden tumpahan BBM, serta skenario pemadaman kebakaran, agar menjadi media edukasi dan sosialisasi prosedur kerja yang aman di Pertamina,” ujar Region Manager HSSE Pertamina MOR VII Yock Orlando. 

Baca Juga: Jadi Terdakwa, Mantan Dirut Pertamina Terancam Pidana Penjara 20 Tahun

3. Pekerja Pertamina diuji ketangkasannya menangani insiden di lingkungan kerja

Pertamina Sulawesi Gelar Kompetisi Keselamatan Kesehatan KerjaPertamina Sulawesi

Dalam kegiatan ini juga, peserta dari lingkup Pertamina diuji pengetahuan dan keterampilan teknis dalam melakukan investigasi saat terjadi insiden di tempat kerja. Setiap peserta harus menunjukkan ketangkasan, ketepatan dan kecepatan dalam penanganan insiden di dalam lingkungan kerjanya.

Salah satu contoh kejadian yang patut diwaspadai pekerja Pertamina MOR Sulawesi seperti peristiwa kebakaran di bagian Oil and Gas Transportation Pertamina di Balongan, Indramayu, yang terjadi pada Senin kemarin (4/2). Selain di Indramayu, kejadian serupa juga pernah terjadi di Depo Filling Plant LPG Region Gas Domestik di Makassar, pada 14 Juni 2009 lalu. 

Baca Juga: Kebakaran Terjadi di Pertamina EP Balongan Indramayu

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You