Comscore Tracker

Gubernur Sulsel Lantik Bupati-Wakil Bupati Luwu dan Wajo

Sudah terpilih dalam Pilkada Serentak 27 Juni tahun lalu

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah melantik dua pasang kepala daerah, yakni Bupati Luwu Basmin Mattayang dan wakilnya Syukur Bijak, serta Bupati Wajo Amran Mahmud dan wakilnya Amran, di ruang Pola, kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Jumat (15/2/2019).

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini turut dihadiri Ketua DPRD Sulsel Mohammad Roem, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan beberapa kepala daerah di Sulsel lainnya.

Menurut Nurdin, sosok kedua pasangan kepala daerah ini yang terpilih dalam Pilkada Serentak 2018 lalu, merupakan figur berpengalaman di bidang pemerintahan. Basmin sudah pernah menjadi Bupati Luwu 10 tahun lalu. Demikian pula wakilnya, Syukur Bijak yang pernah menjabat Wakil Bupati Luwu 5 tahun lalu. Sedangkan Bupati Wajo Amran Mahcmud pernah menjadi Wakil Bupati Wajo 5 tahun lalu. 

“Saya percaya saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, mewakili masyarakat Sulsel saya ucapkan selamat pada Bupati Wajo dan wakilnya, Bupati Luwu dan wakilnya,” ujar Nurdin. 

1. Pasangan kepala daerah yang dilantik diharap mampu bersinergi dengan Gubernur Sulsel

Gubernur Sulsel Lantik Bupati-Wakil Bupati Luwu dan WajoHumas Sulsel

Nurdin berharap kepala daerah yang baru dilantik bisa bersinergi dengan Pemprov Sulsel. Seperti sektor pendidikan, pengembangan hasil perkebunan daerah seperti kakao, dan kopi yang menjadi komoditas ekspor unggulan Sulsel. Sedangkan Wajo, potensi gas alam dan kerajinan sutra diharapkan dikelola dengan baik oleh pasangan Bupati-Wakil Bupati yang baru.

“Luwu dan kabupaten sekitarnya akan dijadikan pusat perkebunan Kakao di Sulsel,” pungkas mantan Bupati Bantaeng ini.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Terburuk Sejak 2014

2. Sebelum dilantik, Bupati-Wakil Bupati Luwu dan Wajo dijamu makan malam di rumah dinas Gubernur Sulsel

Gubernur Sulsel Lantik Bupati-Wakil Bupati Luwu dan WajoHumas Sulsel

Sebelum pasangan Bupati-Wakil Bupati Luwu dan Wajo dilantik di Kantor Gubernur Sulsel, keduanya dijamu makan malam di rumah dinas Gubernur Sulsel, jalan Jenderal Sudirman, Kamis (14/2). Turut hadir keluarga dan kerabat kedua bupati serta pejabat-pejabat birokrat dari Wajo dan Luwu. 

“Tradisinya sebelum dilantik dijamu makan malam dahulu, sebagai malam ramah-tamah dan selamatan, besok sesudah dilantik pasti langsung pulang ke daerah masing-masing,” tambah Nurdin.

3. Bupati-Wakil Bupati Wajo dan Bupati-Wakil Bupati Luwu menang mutlak di Pilkada Serentak 2018 lalu

Gubernur Sulsel Lantik Bupati-Wakil Bupati Luwu dan WajoHumas Sulsel

Pasangan Bupati-Wakil Bupati Wajo Amran Mahmud-Amran (Duo Amran) meraih kemenangan mutlak dengan hasil 57,95 persen suara, mengalahkan lawannya Dr Baso Rahmanuddin-Anwar Sadat dengan persentase 42,5 persen suara dalam Pilkada Serentak 27 Juni 2018 lalu. 

Dr. Baso Rahmanuddin diketahui merupakan menantu Bupati Petahana Andi Burhanuddin Unru. Dalam Pilkada 5 tahun lalu, Amran Mahmud yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati Wajo sempat menantang bupatinya, namun ia tidak berhasil mengalahkan bupati petahana. 

Sedangkan pasangan Bupati-Wakil Bupati Luwu Basmin Mattayang-Syukur Bijak dengan suara 60,60 % dan lawannya Patahuddin-Emmy Talessang sebanyak 39,40 persen. Basmin Mattayang sebelumnya menjabat Bupati Luwu periode 2004-2009. Setelah itu, Basmin digantikan Andi Mudzakkar yang menjabat selama dua periode.  

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Melambat, Gubernur: Masih Positif

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya