Dua Pendaki Dilaporkan Hilang di Gunung Bawakaraeng

Keduanya terpisah dari rombongannya saat turun dari puncak

Gowa, IDN Times - Tim SAR gabungan tengah mencari dua pendaki yang dilaporkan hilang di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Selasa (30/4). Ini kasus ketiga di tahun 2019.


Kepala Seksi Operasi Badan SAR Nasional (Basarnas) Makassar, Basri, mengatakan identitas kedua pendaki yaitu Fauzan Ananta (18) dan Tajuddin Amin (17), yang dilaporkan hilang sejak dua hari lalu, Minggu (28/4). “Kedua pendaki yang dilaporkan hilang saat di perjalanan turun dari puncak Gunung Bawakaraeng,” ujar Basri.

1. Pendaki yang hilang bersama rekannya sesama alumni MAN 2 Makassar

Dua Pendaki Dilaporkan Hilang di Gunung BawakaraengIDN Times / Istimewa

Basri mengatakan, kedua pendaki yang hilang mendaki gunung bersama 10 rekannya sesama alumni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Makassar, pada Sabtu (27/4), mendaki melalui jalur Lembanna, Kelurahan Patappang, Kecamatan Tinggimoncong, Gowa.

“Kami mendapat informasi beberapa pendaki yang kami jumpai mengatakan melihat kedua pendaki di sekitar Pos 4. Namun demikian masih harus kita cek kepastiannya,” tutur Basri.

2. Tim pencarian dibagi menjadi dua SAR unit di Posko Lembanna dan Bulu Balea

Dua Pendaki Dilaporkan Hilang di Gunung BawakaraengIDN Times / Istimewa

Basri menambahkan, tim pencarian bersama potensi SAR lainnya dibagi menjadi dua regu SAR Unit (SRU) yang akan menyisir dari posko Lembanna dan Bulu Balea. Tim pencarian akan menyusuri jalur pendakian di Pos 8 dan Pos 7, berdasarkan informasi terakhir dari rekan-rekan kedua pendaki tersebut. 

“Fokus pencarian di Pos 8 dan Pos 7, sesuai info rekannya yang terakhir melihat posisi keduanya,” pungkas Basri. 

3. Kejadian pendaki hilang di Gunung Bawakaraeng kasus ketiga selama tahun 2019

Dua Pendaki Dilaporkan Hilang di Gunung BawakaraengInstagram/I_aeroplanino

Kasus hilangnya Fauzan dan Tajuddin, merupakan kejadian yang ketiga pendaki hilang di Gunung Bawakaraeng. Kasus pertama, dua pendaki dilaporkan hilang, Nur Isma (18) dan Wahyudi Ihsan (17), 3 Januari lalu. Beruntung keduanya berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. 

Sedangkan kasus yang kedua, Galih Andika (20), remaja asal Makassar, sejak dilaporkan hilang pada 10 Februari dan hingga kini belum ditemukan. Tim SAR Gabungan sudah mencari korban di sekitar Pos 5 dan Pos 6 selama sepekan (11-17/2), namun hasilnya nihil. 

Semoga kedua pendaki bisa segera ditemukan ya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya