Berbuka Puasa dengan Manis di Masjid Al Markaz Makassar

Selama bulan puasa, di Masjid Al Markaz ada Pasar Ramadan

Makassar, IDN Times - Dalam rangka memasuki bulan Ramadan, setiap masjid biasanya memiliki jadwal khusus untuk melayani umat yang tengah berpuasa. Nah, pengurus Masjid Al Markaz Al Islami, Makassar pun demikian.

Setiap memasuki bulan Ramadan, Masjid Al Markaz selalu ramai dikunjungi warga Makassar, baik untuk salat berjamaah maupun sekadar menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit. Setiap Ramadan pula, pengurus masjid terluas di Kota Makassar itu selalu menyiapkan menu buka puasa bagi para jamaah masjid yang ingin berbuka puasa dan menunaikan salat Magrib berjamaah.

Selain menu kurma, jamaah juga bisa menikmati teh manis dan kue tradisional khas Makassar loh.

1. Selama bulan puasa, di Masjid Al Markaz juga digelar Pasar Ramadan

Berbuka Puasa dengan Manis di Masjid Al Markaz MakassarIDN Times/Abdurrahman

Selama bulan puasa, Pasar Ramadan biasanya digelar di pekarangan Masjid Al Markaz. Kamu bisa menemukan pedagang beragam menu kuliner untuk berbuka puasa di pasar ini, seperti es pisang ijo, es kolak, kelapa muda, bikandoang, dan jalangkote. 

Selain itu, beberapa pedagang Pasar Ramadan juga menjual busana muslim, songkok, dan perlengkapan ibadah lainnya.  Di sekitar masjid Al Markaz juga dipadati pedagang songkok musiman di sepanjang Jalan Masjid Raya. Mereka rata-rata berhasil meraih omzet sekitar Rp1 juta per hari. 

2. Ramadan tahun ini, pengurus Masjid Al Markaz menerima bantuan 3 ton kurma

Berbuka Puasa dengan Manis di Masjid Al Markaz MakassarIDN Times/Abdurrahman

Tahun ini, pengurus masjid menerima bantuan kurma untuk dibagikan kepada umat yang berbuka puasa di sana. Kurma seberat 3 ton diserahkan pada Jumat (3/5) dari Manajemen Telkomsel area Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan (Pamasuka). 

Penyerahan kurma secara simbolis oleh Executive Vice President Telkomsel area Pamasuka, Ronny Arnaz, pada Imam Masjid Al Markaz, Prof Abdurrahman Getteng, sebelum pelaksanaan ibadah salat Jumat berjamaah. 

“Kami sangat berbahagia dengan adanya sumbangan menu takjil kurma dari Telkomsel untuk jamaah Masjid Al Markaz,” kata Imam Masjid Al Markaz, Abdurrahman Getteng. 

Kurma itu akan menjadi bagian dari menu takjil atau buka puasa, yang setiap hari digelar di Masjid Al Markaz selama bulan Ramadan. “Di bulan Ramadan ini semangat kami ingin menyebarkan kebahagiaan bersama masyarakat yang menjalankan ibadah puasa, kami berharap bantuan kurma ini dapat memberikan manfaat bagi jamaah Masjid Al Markaz,” ujar Ronny. 

3. Sebanyak 24 ton kurma dibagikan ke 20 masjid raya di Indonesia

Berbuka Puasa dengan Manis di Masjid Al Markaz MakassarPixabay/rawpixel

Secara nasional, kata Ronny Arnaz, manajemen Telkomsel menyerahkan 24 ton kurma untuk menu takjil di 20 masjid raya yang tersebar di kota besar di seluruh Indonesia. Selain Masjid Al Markaz, kurma juga dibagikan ke Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh, Masjid Al Mashun Medan, Masjid Raya Padang, Masjid Istiqlal Jakarta, Masjid At Taqwa Cirebon, Masjid Agung Semarang, Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Masjid Al Munawar Ternate, Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, dan Masjid Agung Babusalam Timika.

“Penyerahan bantuan kurma untuk 20 masjid raya di beberapa kota di Indonesia telah dilakukan sejak tahun 2013 lalu, untuk ikut membantu pengurus masjid yang dijadikan pusat kegiatan ibadah oleh kaum Muslim,” tambah Ronny.

Selain memberi bantuan kurma, jajaran manajemen dan karyawan Telkomsel juga nantinya akan dilibatkan dalam aksi bersih-bersih di beberapa masjid di Makassar. 

Baca Juga: Ramadan di Depan Mata, Ini 4 Tempat Ngabuburit Asyik di Makassar

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya