Suporter Tagih Progres Pembangunan Stadion di Sudiang Makassar

Danny jamin kesiapan Pemkot mendukung pembangunan stadion

Makassar, IDN Times - Presidium Nasional Suporter Seluruh Indonesia (PN-SSI) mempertanyakan progres pembangunan stadion olahraga di kawasan Sudiang Makassar. Hal itu disampaikan saat mereka bertamu ke kediaman pribadi Wali Kota Makassar M. Ramdhan 'Danny' Pomanto di Jalan Amirullah Makassar, Kamis (27/6/2024).

Kepala Bidang Lembaga Kemitraan PN-SSI Muhammad Al Fajri Jayadi mengatakan, pihaknya mendesak seluruh pihat terkait mendukung pembangunan Stadion Sudiang. Terutama Pemerintah Kota dan DPRD Makassar, agar bersama-sama Pemerintah Provinsi mengawalnya ke pemerintah pusat.

“Kami tentu masih tetap menginginkan kemesraan untuk pembangunan stadion di zaman Pj (Gubernur Sulsel) Bahtiar (Baharuddin) dengan Pemkot Makassar dan ini mesti terus berlanjut di zaman Pj saat ini,” kata Al Fajri usai bertemu Danny Pomanto.

Baca Juga: Stadion Sudiang Telah Dianggarkan di APBN, Pembangunan Mulai November

1. Jangan kaitkan pembangunan stadion dengan suasana politik

Suporter Tagih Progres Pembangunan Stadion di Sudiang MakassarPresidium Nasional Suporter Seluruh Indonesia (PN-SSI) bertemu Wali Kota Makassar M. Ramdhan 'Danny' Pomanto. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Al Fajri mengatakan, belakangan ini beredar isu adanya pihak-pihak yang berupaya menghambat pembangunan stadion di Sudiang. Dia berharap hal itu tidak terjadi, apalagi jika dikaitkan dengan suasana politik.

“Jauh sebelum tahun politik masuk, presiden sudah menginstruksikan pembangunan stadion ini,” ucapnya.

2. Danny Pomanto jamin stadion dibangun

Suporter Tagih Progres Pembangunan Stadion di Sudiang MakassarWali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. (IDN Times/Istimewa)

Danny Pomanto kembali menyatakan kesiapan Pemkot Makassar siap mendukung pembangunan stadion. Pembangunannya menggunakan APBN melalui Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR).

“Saya akan berjuang sekuat tenaga untuk apa yang menjadi kewajiban saya. Karena saya sudah janji masyarakat, itu akan saya laksanakan,” katanya.

Danny optimistis sejauh ini pembangunan stadion masih berjalan sesuai rencana. Komisi V DPR RI, kata juga sudah setuju.  “Jadi sebenarnya tidak ada alasan, tidak dibangun,” ucapnya.

3. Pembangunan stadion Sudiang masuk perencanaan nasional

Suporter Tagih Progres Pembangunan Stadion di Sudiang MakassarWakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras didampingi Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin meninjau lahan untuk pembangunan stadion di Sudiang, Makassar, Jumat (5/4/2024). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Sebelumnya, Bahtiar Baharuddin, saat menjabat Pj Gubernur Sulsel, memastikan penganggaran pembagunan Stadion Sudiang di APN. Hal itu sudah masuk Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) yang dibuka Presiden Jokowi di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam Musrenbangnas itu, dokumen perencanaan Stadion Sudiang telah menjadi bagian dari dokumen perencanaan pembangunan nasional, sehingga dipastikan pendanaan dari APBN melalui Kementerian PUPR.  Pada 25 Aprul 2024 lalu, Kementerian PUPR juga telah merilis rencana pembangunan Stadion Sudiang yang digadang-gadang sesuai standar FIFA, dengan rencana percepatan penyusunan dokumen Readliness Criteria (RC), termasuk Detail Engineering Design (DED).

Pembangunan fisik Stadion Sudiang dijadwalkan akan dimulai pada November 2024 dengan kontrak multiyears. Sejalan dengan itu, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Makassar juga telah merencanakan pembangunan jalan di sekitar stadion.

Baca Juga: Stadion Sudiang Segera Dibangun, Anggota DPR RI Singgung Barombong

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya