Satu Polisi Terluka Diserang OTK Bersenjata di Poso

Pelaku diduga anggota kelompok sipil bersenjata

Palu, IDN Times – Sebuah aksi penyerangan terhadap anggota polisi terjadi di halaman kantor cabang Bank Mandiri Syariah, di Jalan Pulau Irian Jaya, Kecamatan Gebang Rejo, Poso Kota, Sulawesi Tengah, Rabu (15/4) pagi. Akibat kejadian itu seorang anggota Polri dilaporkan terluka karena kena tembak.

Peristiwa itu terekam dalam kamera pengintai (CCTV). Dalam tayangan, terlihat dua orang pelaku mengendarai sepeda motor. Mereka menghampiri seorang polisi berseragam yang baru memarkir sepeda motor di halaman kantor bank. Dua pelaku kemudian melepaskan tembakan dari jarak dekat, dan melancarkan pukulan kepada korban.

Pelaku melarikan diri setelah korban berupaya melawan. Kini polisi mengejar mereka, yang diduga berasal dari kelompok sipil bersenjata Muhajidin Indonesia Timur (MIT).

“Kita duga mereka adalah anggota MIT, masih diduga ya. Jadi belum pasti,” kata Kepala Bidang Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto saat dihubungi IDN Times, Rabu.

Baca Juga: Kisah Aipda Andrew, Ditembak Saat Evakuasi Kepala Tanpa Badan di Poso

1. Korban dirawat di rumah sakit dengan luka tembak

Satu Polisi Terluka Diserang OTK Bersenjata di PosoKepala Bidang Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto. Dok. Polri

Didik mengungkapkan, penyerangan terjadi sekitar pukul 9.15 Wita, di depan pintu masuk Bank Mandiri Syariah KC Poso. Korban merupakan personel Polri yang berjaga di bank tersebut.

Kini korban dirawat di rumah sakit. Didik mengatakan, dilaporkan ada luka tembak di bagian dada.

“Korban terluka satu orang atas nama Briptu IS. Ada luka tembak, dan tadi pagi dirawat di rumah sakit Poso,” ucap Didik.

2. Pelaku meninggalkan senjata saat melarikan diri

Satu Polisi Terluka Diserang OTK Bersenjata di PosoTangkapan layar aksi penyerangan polisi di Poso. Dok. IDN Times/Istimewa

Pada kejadian Rabu pagi, pelaku disebut meninggalkan senjata api berjenis pistol FN. Diduga mereka menjatuhkannya saat melarikan diri.

“setelah pelaku melakukan penembakan dan dilakukan penembakan balasan oleh personel, mereka melarikan diri, tetapi terjatuh senjatanya,” Didik menerangkan.

Saat ini tim Satgas Tinombala di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah sedang melakukan pengejaran terhadap pelaku dan pihaknya masih mendalami kejadian tersebut.

3. Diduga pelaku sengaja menyerang polisi

Satu Polisi Terluka Diserang OTK Bersenjata di PosoIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut, Didik mengatakan bahwa pelaku diduga keras merupakan anggota kelompok sipil bersenjata di Poso. Dugaan itu menguat karena rekaman menunjukkan bahwa aksi mereka langsung ditujukan kepada anggota polisi.

“Setelah melakukan penyerangan, mereka langsung melarikan diri,” ucapnya.

Laporan M Faiz Syafar, kontributor IDN Times di Sulawesi Tengah

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Pembuat Bom Rakitan di Poso 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya