Pj Gubernur Sulbar: Jokowi Dorong Pengentasan Masalah di Daerah

Presiden Jokowi berkunjung ke Sulbar selama dua hari

Makassar, IDN Times - Pj Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakrulloh mewakili masyarakat berterima kasih atas kunjungan Presiden Joko Widodo. Presiden dan sejumlah menteri mengunjungi dua kabupaten di Sulbar, yaitu Mamuju dan Mamasa, pada 23 April 2024.

Menurut Zudan, kehadiran Presiden Sulbar menjadi angin segar bagi masyarakat setempat. Sebab beberapa usulan pemikiran yang ditawarkan Pemerintah Provinsi ke Presiden serta para Menteri mendapat respon positif. 

Zudan mengatakan beberapa hal yang menjadi tawaran pemikiran Pemprov Sulbar untuk mendapat dukungan pemerintah pusat. Di antaranya peningkatan SDM kesehatan serta mendorong siswa masuk perguruan tinggi negeri, perbaikan sarana sekolah, rumah sakit, pasar, infra struktur jalan, penanganan inflasi, dan penambahan akses penerbangan dan lampu di runway bandara.

"Siswa yang mau masuk perguruan tinggi dengan bimbingan belajar gratis Yang kedua dokter dokter spesialis kita sekolahkan dengan beasiswa," kata Zudan. 

Berkaitan dengan penanganan inflasi, Pemprov juga mengusulkan dukungan untuk pasar murah dan subsidi. Termasuk mengenai dukungan infrastruktur melalui Inpres Jalan Daerah (IJD), serta penambahan pesawat untuk meningkatkan konektivitas wilayah serta memaksimalkan lampu runway di Bandara Udara Tampa Padang. 

"Ini juga mendapat respon positif," ungkapnya.

Selain itu, Pemprov Sulbar juga menawarkan APBD yang memuat Pokok Pokok Pikiran DPRD Tematik dalam menyelesaikan permasalahan daerah. Zudan menyebut Presiden pada dasarnya sangat paham dengan masalah Sulbar. 

"Beliau ini pernah walikota, gubernur dan 10 tahun jadi Presiden sehingga sangat paham daerah dan Sulbar. Kita tidak memberikan masalah baru tetapi kita memberikan pemikiran solusi solusi alternatif untuk beliau dan para menteri bantu agar lebih cepat lagi pembangunan dan masalah di Sulbar selesai," Zudan menambahkan.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya