Pesawat Haji Garuda Kloter 15 Makassar Delay hingga Enam Jam

Gara-gara perbaikan sistem pendingin pesawat

Makassar, IDN Times - Pesawat Garuda Indonesia GA 1115 yang mengangkut jemaah haji kelompok terbang (kloter) 15 Embarkasi Makassar terlambat lepas landas alias delay hingga enam jam.

Pesawat seharusnya berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menuju Jeddah, Arab Saudi, pada Jumat pukul 1.00 Wita. Namun karena ada masalah, pesawat baru take off pukul 7.00 Wita.

"Dari laporan yang kami terima dan kami melihat langsung di lapangan bahwa kloter 15 ini delay sampai enam jam," kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar Ikbal Ismail, Jumat.

Kloter 15 merupakan awal dari pemberangkatan gelombang kedua Embarkasi Makassar dengan tujuan Jeddah. Kloter ini menampung jemaah haji asal Kota Makassar sebanyak 28 orang, Bantaeng 207 orang, dan Maluku Utara 206 orang. 

Baca Juga: Terlambat Berangkatkan Jemaah Haji, Garuda Ditegur Kemenag

1. Pesawat telat tiba dan mengalami masalah pendinginan

Pesawat Haji Garuda Kloter 15 Makassar Delay hingga Enam JamKepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah pada Kantor Wilayah Kemenag Sulsel Ikbal Ismail. (Dok. Kemenag Sulsel)

Ikbal mengatakan, maskapai Garuda Indonesia telah mengirim surat permohonan maaf kepada PPIH terkait keterlambatan penerbangan. Dalam surat itu diketahui bahwa ada dua penyebab pesawat delay.

Pertama, pesawat terlambat tiba sekitar 1 jam 20 menit dari Madinah. Penyebab kedua, saat pesawat boarding, pilot menyampaikan bahwa ada masalah pada sistem pendingin. Penumpang pun diturunkan dari pesawat.

"Proses perbaikan penggantian alat AC itu kurang lebih tiga jam... Kami langsung meminta kepada pihak Garuda untuk membuat laporan rilis terkait kejadian tersebut dan alhamdulillah tadi pukul 10.00 kami sudah menerima yang pada intinya apa yang terjadi pada kloter 15 ini, semua tidak ada yang menyukai," kata Ikbal.

2. Jemaah haji menunggu di bandara selama perbaikan pesawat

Pesawat Haji Garuda Kloter 15 Makassar Delay hingga Enam JamPesawat Garuda Indonesia. (dok. Garuda Indonesia)

Ikbal mengatakan, saat perbaikan pesawat, sudah ada sebagian anggota jemaah naik ke pesawat. Dari sepuluh bus yang mengangkut jemaah dari Asrama Haji Makassar, empatdi antaranya sudah menaikkan penumpang ke pesawat. 

"Nah ketika tidak merasa nyaman, tidak nyala AC, mereka minta turun yang empat bus itu dan menunggu di bandara. Setelah bagus perbaikan AC-nya, mereka kami minta untuk naik kembali," ucap Ikbal.

3. Penerbangan delay berdampak pada penerbangan kloter selanjutnya

Pesawat Haji Garuda Kloter 15 Makassar Delay hingga Enam JamJemaah haji asal Makassar melakukan sujud syukur saat tiba di Madinah, Kamis (16/5/2024). Dokumentasi Media Center Haji

Pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut kloter 14  berjenis Boeing 747-400. Ikbal mengatakan, penerbangan delay berdampak terhadap penerbangan jemaah haji kloter selanjutnya, terutama untuk kloter nomor ganjil.

Menurut hitungan PPIH bersama maskapai, kemungkinan kloter 17 akan mengalami delay hingga lima jam. "Mereka masih berusaha, kalau informasi tadi bisa sampai dua hingga tiga kloter ke depan," kata Ikbal.

Baca Juga: Kemenag Sebut Garuda Gagal Layani Penerbangan Jemaah Haji

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya